Jakarta (ANTARA News) - Dukungan dan partisipasi aktif kekuatan ekonomi di Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), organisasi regional dan internasional untuk APEC tahun 2017 akan menjadi tuas bagi Vietnam untuk mempromosikan "soft power".

APEC menjadi tuan rumah peran dinamis, kepemimpinan dan tanggung jawab anggota forum dan penting untuk kerja sama ekonomi di kawasan Asia Pasifik.

Konferensi Tingkat Tinggi APEC tahun ini akan berlangsung pada 6-11 November 2017, yang sangat dihargai oleh media internasional dan regional serta sangat menghargai persiapan dan pengorganisasian negara tuan rumah.

Presiden RI Joko Widodo berencana menghadiri KTT APEC di Da Nang, Vietnam, kata juru bicara Kementerian Luar Negei RI Arrmanatha Nasir di Jakarta baru-baru ini. Dalam KTT itu, Presiden Jokowi di antaranya akan menyampaikan masalah kepentingan Indonesia, seperti, pembangunan desa serta kerja sama kelautan.

KTT APEC 2017, yang mengangkat tema "Creating New Dynamism Fostering New Future" akan fokus membahas beberapa masalah, antara lain perekonomian berkesinambungan, integrasi regional, penguatan daya saing usaha mikro kecil dan menengah, perubahan iklim dana pertanian.

Vietnam menjadi tuan rumah APEC kedua pada saat dunia dan kawasan ini menghadapi banyak perkembangan rumit. Memang benar bahwa pada saat APEC memasuki fase finalisasi  Bogor Goals mengenai liberalisasi perdagangan dan investasi pada tahun 2020, ada hambatan yang muncul dalam proses globalisasi dan integrasi ekonomi.

Namun, hampir 10 tahun setelah krisis keuangan global 2008-2009, tampak perkembangan yang lebih positif, termasuk tanda-tanda baru pertumbuhan ekonomi dan perdagangan regional dan global. Sebenarnya, adalah tanggung jawab para pemimpin APEC untuk mengambil tindakan agar forum lebih efektif dan membawa manfaat bagi masyarakat dan pelaku bisnis.

Oleh karena itu, teman-teman internasional mengakui KTT APEC di Vietnam tahun 2017 sebagai tantangan dan kesempatan besar untuk mempromosikan pertumbuhan dan keterkaitan di Asia Pasifik dan di seluruh dunia, berkontribusi untuk menjaga perdamaian. Perdamaian, stabilitas dan pembangunan di dunia yang berubah.

Visi strategis kebijakan LN Vietnam
APEC tahun 2017 merupakan kesempatan penting untuk menegaskan kebijaksanaan dan otak kebijakan luar negeri Vietnam, terutama urusan luar negeri multilateral selama periode integrasi internasional yang mendalam.

Berdasarkan atas bahan dari berbagai sumber dapat diketahui bahwa identifikasi topik yang tepat, prioritas dan arahan kerja sama APEC 2017 jelas mencerminkan visi strategis kebijakan luar negeri Vietnam. 

Pertama dan terutama, ini adalah visi Asia Pasifik yang damai, stabil dan dinamis yang terus menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi regional dan global. Di antara mereka, Forum APEC, Komunitas ASEAN, mekanisme kerja sama subregional Mekong, perjanjian perdagangan bebas bilateral dan multilateral, saling berkembang dan saling melengkapi satu sama lain, membentuk sebuah struktur kawasan yang komprehensif dan berkelanjutan.

Visi strategis itu berawal dari keyakinan kuat bahwa abad ke-21 harus dibentuk oleh persamaan, saling menguntungkan dan prinsip-prinsip dasar hukum internasional, bukan "mari kita ambil", terutama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi. Semua negara regional, apakah mereka anggota APEC atau tidak, sama-sama memiliki kepentingan bersama dalam membangun kemitraan Asia- Pasifik untuk pembangunan berkelanjutan dan merangkul di abad ke-21.

Kedua, kegiatan APEC tahun ini harus menciptakan dorongan baru untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan integrasi ekonomi regional ke ke tahap ketinggian baru, yang menegaskan forum untuk orang dan bisnis. APEC membutuhkan lebih banyak dorongan untuk pertumbuhan yang berkualitas, reformasi struktural, pembangunan sosio-ekonomi, penguatan konektivitas, pengembangan rantai nilai global, Generasi Baru Ekonomi - Komersial.

Pada saat yang sama, kebutuhan mendesak adalah mempercepat usaha untuk menyelesaikan Bogor Goals, mempertahankan momentum regional dalam kerangka kerja seperti Kemitraan Ekonomi Transpasifik (TPP), Kemitraan Ekonomi Komprehensif (FTAAP), Kawasan Perdagangan Bebas Asia Pasifik (RTAP).

Ketiga, tahun 2017 diharapkan dapat terus menegaskan peran APEC sebagai forum untuk memprakarsai gagasan, arahan dan koordinasi integrasi ekonomi, sehingga mendorong pembangunan arsitektur regional yang berkelanjutan, transparan, sangat mudah beradaptasi, memastikan saling melengkapi, harmonisasi mekanisme berlapis-lapis.

Mewakili 39 persen populasi dunia, menyumbang 57 persen dari PDB dan 49 persen perdagangan global, APEC juga perlu terus mempromosikan peran perintisnya dalam upaya global untuk pembangunan berkelanjutan dan adaptasi terhadap perubahan untuk mempromosikan sistem perdagangan multilateral, untuk mengatasi tantangan umum seperti dampak buruk globalisasi dan teknologi digital, kenaikan ketidaksetaraan.

Keempat, setelah 28 tahun berdirinya dan berkembang, inilah saat yang penting untuk membentuk Visi APEC setelah tahun 2020. Visi tersebut perlu menentukan tujuan, arahan jangka panjang dan pilar utama. Bekerja untuk forum dalam 10-15 tahun ke depan.

Semangat kerja sama

Mempromosikan semangat kerja sama kesetaraan, saling menguntungkan, sukarela dan tidak mengikat diperlukan untuk memastikan dinamisme dan daya tarik forum di wilayah sejarah, budaya dan masyarakat yang sangat beragam tingkat pengembangan. Pada saat yang sama, peran kepemimpinan APEC dalam membentuk struktur serta tata pemerintahan regional dan global perlu didefinisikan.

Dengan pemikiran tersebut, APEC tahun 2017 berjanji untuk menciptakan momentum baru bagi forum tersebut. Ini juga merupakan kesempatan besar bagi Vietnam untuk membentuk masa depan tidak hanya APEC, tetapi juga struktur ekonomi regional. APEC 2017 sekali lagi menegaskan kembali bahwa hubungan luar negeri multilateral merupakan landasan bagi negara-negara besar dan kecil untuk mempromosikan kepentingan mereka dan meningkatkan status mereka di dunia global.

Meningkatnya posisi dan manfaatnya untuk Vietnam Bagi Vietnam, APEC adalah salah satu forum multilateral yang paling penting dan menawarkan manfaat yang paling nyata. Forum ini menyatukan 13 dari 25 mitra strategis dan mitra komprehensif, dan banyak mitra ekonomi dan perdagangan terkemuka di Vietnam. Sebanyak 18 anggota APEC adalah mitra penting dalam FTA bilateral dan multilateral di Vietnam.

Anggota APEC menyumbang 78 persen investasi langsung asing, 75 persen perdagangan barang, 38 persen bantuan pembangunan resmi dan 79 persen wisatawan internasional di Vietnam. Sekitar 80 persen siswa Vietnam di luar negeri belajar di negara anggota APEC.

Dengan demikian, APEC 2017 adalah fokus kebijakan luar negeri Vietnam dan kontribusi paling penting dari Vietnam terhadap kerja sama APEC dalam periode integrasi internasional.

Sejalan dengan kepemimpinan ASEAN pada tahun 2020 dan tawarannya untuk Dewan Keamanan PBB 2020-2021 serta upayanya untuk menyelesaikan komitmen aksesi WTO pada tahun 2018, APEC 2017 akan berkontribusi pada realisasi kebijakan yang sangat penting dari Kongres Partai Nasional XII "untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi urusan luar negeri multilateral, untuk secara aktif dan aktif berkontribusi dalam pembangunan, membentuk mekanisme multilateral".

Dukungan dan partisipasi aktif kekuatan-kekuatan ekonomi anggota APEC, organisasi regional dan internasional bagi upaya APEC 2017 akan menjadi tuas untuk Vietnam mempromosikan "soft power".

Bukan suatu kebetulan bahwa Vietnam menjadi negara tuan rumah APEC pertama yang diundang ke pertemuan G20 tahun ini. Hal ini menunjukkan kepercayaan dan apresiasi teman internasional atas inisiatif dan gagasan di luar wilayah yang diusulkan oleh Vietnam untuk APEC.

Jelas, kegiatan APEC tahun 2017 telah dan akan berkontribusi untuk menegaskan peran semakin penting dari forum itu serta posisi yang layak dalam pemerintahan regional dan global.

Oleh Mohammad Anthoni
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017