Salah satu yang mendesak, sampai akhir tahun, kita penuhi dulu penerimaan. Saya konsentrasi penerimaan dulu untuk dua bulan ini
Surabaya (ANTARA News) - Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi meminta seluruh masyarakat untuk "bergotong-royong" dalam membayar pajak agar target penerimaan pajak pada akhir tahun dapat tercapai.

"Untuk akhir tahun, saya minta seluruh masyarakat Indonesia 'gotong-royong' bayar pajak," kata Ken seusai mengikuti seminar perpajakan di Surabaya, Senin.

Ken tidak menyebutkan secara jelas upaya yang dilakukan otoritas pajak untuk memenuhi target Rp1.283,6 triliun yang dibebankan dalam APBNP 2017.

Namun, ia optimistis realisasi penerimaan yang ditargetkan bisa tercapai 100 persen, melalui upaya ekstensifikasi ekstra.

"Salah satu yang mendesak, sampai akhir tahun, kita penuhi dulu penerimaan. Saya konsentrasi penerimaan dulu untuk dua bulan ini," kata Ken.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan otoritas pajak telah berkomitmen untuk memenuhi target penerimaan pajak hingga akhir tahun tanpa menimbulkan keresahan masyarakat.

Ia menjelaskan upaya pencapaian target penerimaan pajak itu akan dilakukan melalui dukungan penyediaan data yang memadai agar Wajib Pajak tidak keberatan dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak.

"Itu hanya bisa dilakukan kalau data-datanya bagus dengan approach yang profesional, sehingga WP itu memahami kalau ada data dan bukti yang bagus, mereka akan memahami kewajiban pembayaran pajak," ujarnya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pajak menyatakan realisasi penerimaan pajak hingga pertengahan Oktober 2017 telah mencapai Rp876,58 triliun atau sekitar 68,29 persen dari target dalam APBNP sebesar Rp1.283,6 triliun.

Dengan demikian, masih terdapat kekurangan sekitar Rp407 triliun dari target, yang harus dipenuhi dalam dua bulan terakhir.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017