Jakarta (ANTARA News) - Kesadaran akan meningkatnya ancaman ekstremisme, intoleransi rasial, dan kejahatan intelektual, telah menghimpun wakil berbagai bangsa termasuk Indonesia membentuk Dewan Toleransi dan Perdamaian Global (GCTP).

Yenny Wahid yang diundang mewakili Indonesia, dalam rilisnya di Jakarta, Senin, mengatakan pembentukan dewan tersebut diluncurkan di Malta pada Kamis (2/11) dalam sebuah upacara resmi di Malta Mediterranean Convention Center.

Mereka berhimpun atas undangan bersama Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Population Fund/UNFPA) dan Pemerintah Malta.

"Kami berhimpun untuk membangun cinta dan toleransi bersama dan untuk menyebarkan budaya damai di seluruh dunia," katanya.

Delapan pendiri dewan tersebut adalah Indonesia, Amerika Serikat, Argentina, Uni Emirat Arab, Comoros, Albania, India dan Mesir. Dengan kantor pusat yang berbasis di pulau Malta dan kantor penghubung di seluruh dunia, misi utama dewan internasional ini adalah untuk menyebarkan budaya toleransi untuk mencapai perdamaian dunia.

Acara tersebut dihadiri oleh Perdana Menteri Malta Joseph Muscat, Presiden Dewan Toleransi dan Perdamaian Global yang baru terpilih Ahmed bin Mohammed Al-Jarwan, sejumlah menteri luar negeri, pendidikan, pemuda dan budaya dari beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Perwakilan negara, Sheikh Al-Azhar, kepala organisasi internasional, universitas, dan media.

"Dunia kita menghadapi banyak tantangan, konflik, ketidaksetaraan, intoleransi mematikan dan ancaman keamanan, termasuk senjata nuklir," ujar Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres, dalam sebuah video dokumenter yang diputar pada acara tersebut.

"Kami memiliki alat dan kemauan untuk mengatasi tantangan ini, terutama karena ancaman melampaui batas negara-negara yang bersangkutan. Memastikan hak asasi manusia dan martabat manusia untuk semua membangun dunia perdamaian dan keadilan yang abadi," kata Sekretaris Jenderal PBB.

Guterres selanjutnya bertanya tentang sarana untuk menyediakan jutaan orang yang menderita perang berskala besar yang tampaknya tidak pernah berakhir. "Tidak ada yang menang dalam perang ini, semua orang kalah, terutama karena ancaman teroris global yang baru mempengaruhi kita semua dan mendestabilisasi sebagian besar wilayah. Jadi, perdamaian selalu menjadi tujuan dan panduan kita."

Perdana Menteri Malta Joseph Muscat dalam pidato yang disampaikannya di Pusat Konferensi Mediterania Global mengatakan bahwa dia senang Malta telah terpilih sebagai markas baru Dewan.

"Kami berada di sini hari ini karena kita tinggal di saat kita tidak bisa lagi menerima perdamaian dengan sendirinya. Ada kebutuhan untuk mengatasi kerusuhan yang telah disaring di seluruh dunia, dan juga kebutuhan untuk menangani masalah kekhawatiran orang tentang ini," katanya.

Sementara itu, Presiden GCTP terpilih Ahmed bin Mohammed Al-Jarwan mengingatkan tentang bahaya terorisme, fanatisme, kebencian, pembersihan etnis, sektarianisme, dan ekstremisme ras saat ini, yang dia gambarkan sebagai "tumbuh dan berkembang seperti kanker dan membahayakan kedamaian dunia".

Dia menjelaskan bahwa Dewan tersebut adalah sebuah organisasi internasional yang didasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi dan memperoleh sistem kerjanya dari hukum dan kesepakatan internasional.

(T.F004/N002)

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017