Jakarta (ANTARA News) - Aktivis pemuda Hatta Taliwang mengatakan olahraga efektif meningkatkan rasa persaudaraan bangsa disaat terjadinya gesekan di berbagai lapisan masyarakat.

"Di tengah macam-macam suasana saling benci, saling fitnah terutama di media sosial, olahraga menjadi katalisator yaitu alat kita mempersatukan diri menyatukan rasa bersaudara kita apalagi dalam menyambut Hari Pahlawan," ujar Hatta di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, sebanyak 300 pecatur dari berbagai provinsi di Indonesia hadir dalam Turnamen catur non master memperebutkan piala Hatta Taliwang dan Maruarar Sirait pada 4 November.

"Tujuan diadakannya pertandingan catur non master untuk memperingati hari Sumpah Pemuda dan menyambut hari Pahlawan . Momentum Sumpah Pemuda dan hari pahlawan ini sangat penting agar kita tetap mengingat jasa-jasa pahlawan," kata dia.

Melalui olahraga, tidak ada batasan politik dan menyatu menjadi satu keluarga. Tidak ada fitnah dan bersaudara dalam bingkai Indonesia.

"Itulah semangat Sumpah Pemuda. Bisa bekerja sama meski berbeda, dalam menciptakan sesuatu yang positif untuk masyarakat".

Sementara itu, politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengatakan melalui olahraga terbukti mampu mempersatukan masyarakat.

"Kami sangat menyambut baik turnamen catur non master ini. Apalagi dipersiapkan dengans angat baik".

Maruarar berharap ke depan acara turnamen catur non master 2018 dilaksanakan saat momentum hari Kartini, agar para wanita juga bisa mengikuti kegiatan tersebut. Melalui olahraga, tidak hanya mempersatukan bangsa namun juga mampu mengorbitkan para calon atlit.

(T.I025/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017