Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA News) - Pemerintah menargetkan pembangunan Bandar Udara  Sukabumi bisa selesai tahun 2020.

"2020 targetnya bandara Sukabumi bisa sudah digunakan untuk menunjang transportasi menuju wilayah Sukabumi," kata  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela dialog konektivitas insfrastruktur di Gedung Juang 1945 Kota Sukabumi, Selasa.

Saat ini, menurut dia, Kementerian Perhubungan tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk menentukan lokasi pembangunan bandara.

Bandara itu semula akan dibangun di wilayah Citarete, Kecamatan Surade. Namun karena lokasinya berjarak sekitar 93 kilometer dari pusat kota, Kementerian Perhubungan meminta pemerintah kabupaten memilih lokasi strategis yang dekat dengan pusat kota Sukabumi.

"Memang ada dua pilihan yakni di Kecamatan Cikidang maupun Warungkiara, tetapi kita lihat dulu apakah lahan yang akan digunakan siap atau cocok untuk dijadikan bandara nantinya," kata Menteri Perhubungan.

Budi mengatakan dukungan infrastruktur transportasi akan mempercepat pertumbuhan ekonomi   kota dan kabupaten Sukabumi yang kaya sumber daya.

"SDM Sukabumi harus ditingkatkan, berbenah dan meningkatkan kompetensinya karena kemajuan dunia transportasi akan berimbas dengan semakin banyak datangnya warga dari dalam maupun luar negeri," katanya.


Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017