Muntok (ANTARA News) - Polisi lalu lintas Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan coklat dan helm untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan kepada para pengendara kendaraan bermotor di daerah itu.

"Pembagian coklat dan helm secara gratis ini merupakan salah satu upaya kami dalam menyukseskan Operasi Zebra Menumbing 2017," kata Kapolres Bangka Barat melalui Kasatlantas AKP Surya Dharma di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan, pembagian bingkisan itu diberikan khusus kepada para pengendara sepeda motor yang memboncengkan anak-anak tanpa mengenakan helm.

"Saat membagikan coklat dan helm kami juga sampaikan brosur berisi imbauan keselamatan berlalu lintas," kata dia.

Pada sosialisasi yang digelar di simpang Rutan Muntok tersebut tidak sedikit pengendara yang panik karena mengira sedang dilaksanakan penertiban, bahkan sebagian pengendara memutar balik kendaraannya.

Surya Dharma mengatakan kegiatan preventif ini merupakan upaya pencegahan secara dini melalui kegiatan edukatif dengan sasaran para pengendara sepeda motor yang memiliki peluang terbesar melanggar aturan lalu lintas.

"Kegiatan ini sebagai upaya kami dalam melakukan pencegahan pelanggaran lalu lintas sedini mungkin," kata dia.

Pada pelaksanaan Operasi Zebra Menumbing yang digelar selama 14 hari mulai 1 November 2017 itu, pihaknya tidak hanya menindak masyarakat pengguna jalan raya, namun juga kendaraan dinas polisi yang kebetulan melewati pos penindakan.

"Kami bekerja sama dengan Propam Polres menegakkan disiplin bagi para anggota yang dipimpin langsung Kasie Propam Iptu Taufik Zulpikar," katanya.

Pemeriksaan anggota secara mendadak oleh Propam Polres Bangka Barat tersebut langsung memeriksa kelengkapan anggota seperti kartu tanda anggota, KTP, SIM dan STNK bagi para anggota yang mengemudikan kendaraan dinas.

Selain pemeriksaan kelengkapan pribadi dan kendaraan, petugas provost juga memeriksa sikap dan penampilan anggota, seperti rambut dan kebersihan pakaian.

"Operasi penegakan ketertiban dan kedisiplinan terhadap anggota Polri ini digelar selama tiga hari, mulai 7 November 2017, pemeriksaan ini sebagai bentuk kontrol kedisiplinan anggota yang diharapkan mampu meningkatkan kesiapsiagaan dan kepantasan diri sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," kata Kasie Propam Iptu Taufik Zulpikar.

Pewarta: Donatus DP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017