Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur akan mempertimbangkan kemungkinan percepatan kenaikan jabatan bagi para juara ajang Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia.

"Setelah pulang dari sini saya akan mempelajari aturan yang memungkinkan para juara dinaikkan jabatannya lebih cepat. Ini bonus," kata Menteri Asman dalam acara penutupan Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia XIV Tahun 2017 di Gedung Olahraga Amongrogo, Yogyakarta, Rabu sore.

Menurut Asman, dengan memberikan peluang bagi para pegawai peraih juara naik jabatan lebih cepat, akan memacu mereka sebagai anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) mengukir prestasi bukan hanya yang berkaitan dengan pekerjaan, namun juga bidang lainnya, termasuk olahraga.

"Sehingga (pegawai negeri sipil) berprestasi bukan hanya di bidang pekerjaannya saja," kata dia.

Asman menyatakan memiliki komitmen untuk mendorong para pegawai negeri sipil (PNS) berprestasi di berbagai bidang. Sebaliknya, Menpan-RB juga akan memberikan peluang bagi para peraih prestasi di berbagai bidang untuk menjadi PNS.

"InsyaAllah tahun ini saya dan kawan-kawan di Kemenpan-RB sedang menggodog aturan agar setiap atlet berprestasi tingkat dunia diundang dengan hormat untuk menjadi PNS," ujarnya.

Asman berharap perhelatan Pornas-Korpri dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi dari kalangan PNS. Ia juga akan menjadikan penyelenggaraan ajang olahraga itu dari empat tahun menjadi dua tahun sekali.

Pornas Korpri XIV diikuti 34 kontingen dari Provinsi di seluruh Indonesia, 37 kontingen dari kementerian dan lembaga, serta diikuti 2.671 peserta atlet dan pelatih.

Juara umum peraih Piala Bergilir Presiden dalam ajang olahraga di kalangan PNS yang berlangsung 3-8 November di GOR Amongrogo Yogyakarta itu diraih oleh kontingen dari Jawa Barat yang memeroleh 7 emas, 6 perak, dan 5 perunggu, disusul Jawa Tengah yang membawa pulang 5 emas dan 6 perunggu.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017