Padang (ANTARA News) - Delapan hari menjelang pelaksanaan lomba balap sepeda internasional `Tour de Singkarak 2017` pada 18-26 November 2017, untuk jalur etape VI dari Kota Solok-Padang Aro Solok Selatan sepanjang 140 kilometer masih dalam perbaikan, hingga belum pasti bisa dilalui pebalap.

"Semua pengerjaan sudah dipercepat. Namun memang masih ada yang dalam proses," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan itu terkait kesiapan sejumlah jalur TdS 2017 yang akan dilalui oleh pebalap.

Ia berharap semua etape yang telah direncanakan, tidak ada yang batal akibat kondisi jalan yang belum maksimal. Karena itu jalur yang memiliki kerusakan terparah, seperti pada etape VI harus menjadi fokus.

Kesepakatan pada rapat terakhir 31 Oktober 2017, etape yang tetap dimasukkan dalam TdS 2017 adalah yang selesai diperbaiki seminggu sebelum digunakan.

Etape VI digelar pada 23 November 2017. Artinya paling lambat 16 November ruas jalan yang akan dilewati harus sudah selesai.

Nasrul berharap dalam enam hari waktu tersisa, ruas jalan Solok-Padang Aro bisa selesai diperbaiki oleh kontraktor.

Sebelumnya Kasi Pembangunan dan Pengujian BPJN Wilayah III Yulia Rahmadani mengatakan cara perbaikan yang bisa dilakukan untuk jalur TdS adalah tambal sulam.

"Kita akan mengupayakan perbaikan jalan itu selesai sebelum jadwal etape dimulai. Namun, tidak dalam kondisi jalan yang mulus, akan tetapi kami memastikan jalan layak untuk dilalui," ujarnya.

TdS ke sembilan kalinya dijadwalkan akan digelar pada 18 hingga 26 November 2017.

Balap sepeda internasional ini akan diikuti 20 tim sepeda, yakni 15 tim internasional dan lima tim nasional.

Pebalap akan melewati sembilan etape mulai 18 November masing-masing Grand Start dari Batusangkar, Tanah Datar-Padang dengan jarak tempuh 107 kilometer. Etape II pada 19 November dari Painan, Pesisir Selatan- Sawahlunto sepanjang 166 kilometer, pada 20 November etape III dari Muaro Sijunjuang-Pulau Punjuang berjarak 100 kilometer.

Kemudian etape IV pada 21 November dari Danau Singkarak, Kabupaten Solok-Payakumbuh sepanjang 135 kilometer, etape V pada 22 November dari Lembah Harau, Limapuluhkota-Padang Panjang dengan jarak 101 kilometer.

Etape VI pada 23 November Kota Solok-Kayo Aro, Solok Selatan sepanjang 140 kilometer, Etape VII pada 24 November dari Pariaman-Pasaman Barat sepanjang 157 kilometer, Etape VIII pada 25 November dari Padang Pariaman-Agam sepanjang 101 kilometer dan etape terakhir 26 November dari Pasaman-Bukittinggi 90 sepanjang kilometer.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017