hal ini akan semakin mendorong peningkatan hubungan Indonesia-Albania di masa mendatang khususnya di bidang ekonomi dan sosial budaya...
London (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia, Sri Astari Rasjid, melantik dan meresmikan Irma Kaplani sebagai Konsul Kehormatan Indonesia untuk Albania yang berkedudukan di Tirana, Albania.

Hubungan diplomatik Indonesia-Albania dibuka sejak 1994.

Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya Kedutaan Besar Indonesia di Sofia, Nurul Sofia, Jumat, menyebutkan acara pembukaan Kantor Konsul Kehormatan Indonesia di ibu kota Albania itu, dihadiri kalangan pejabat pemerintah Albania , korps diplomatik, kalangan pengusaha dan media di Tirana.

Dalam sambutannya, Rasjid menyampaikan, penunjukan Kaplani sebagai konsul kehormatan Indonesia di sana merupakan tonggak penting dalam peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Albania. Diharapkan hal ini akan semakin mendorong peningkatan hubungan Indonesia-Albania di masa mendatang khususnya di bidang ekonomi dan sosial budaya.

Pembukaan kantor konhor ini juga merupakan bentuk perhatian perlindungan WNI dan dukungan untuk diaspora Indonesia di Albania.

Albania adalah negara yang terletak wilayah Eropa Tenggara dengan jumlah penduduk sebesar 2,7 juta dengan sekitar 70 persen penduduknya beragama Islam.

Total perdagangan kedua negara meningkat cukup signifikan sebesar 88,81 persen, yaitu dari 5,66 juta dolar Amerika Serikat ( 2015) menjadi 10,69 juta dolar Amerika Serikat pada 2016. Produk eksport utama Indonesia adalah produk kertas, minyak hewani dan nabati, hasil laut, dan karet. 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017