Selamat kepada Tim Danadyaksa Budaya atas prestasi yang diraih."
London (ANTARA News) - Grup seni dan musik tradisi Danadyaksa Budaya Sekolah Menengah Pertama Labschool Cibubur, Jakarta Timur, untuk yang keempat kalinya, berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah festival folklore dunia, setelah pada 2016 meraih berbagai penghargaan pada festival folklore internasional di Turki, Rusia dan Spanyol.

Danadyaksa Budaya tahun ini meraih dua penghargaan pada acara Grand Festival Magic of Bridges Vienna and Prague 2017, yang dilaksanakan di dua negara, Austria dan Ceko, kata pimpinan kelompok Danadyaksa Budaya Gilang Lestari Mokodompit kepada ANTARA News, Sabtu.

Kelompok seni itu memboyong penghargaan Laureat 1 Award dan Diplom Laureat 1 Award (Juara Pertama) untuk kategori usia 12-14 tahun.

Dengan komposisi 34 orang penari dan 7 orang pemusik beserta tim pendamping dan pelatih, Grup Danadyaksa Budaya berhasil memukau dewan juri dan penonton di kota Wina, Austria, dan kota Praha, Ceko, menampilkan tiga nomor tarian, yaitu Tari Ratoh Jaroe Aceh, Tari Jatilan dari Jawa Timur dan Tari Rebana dari Jambi.

Peserta yang ikut berkompetisi pada dua festival tersebut berjumlah 59 group, berasal dari 15 negara, antara lain berasal dari India, Malaysia, Ukraina, Bulgaria, Rusia, Iran, Kazakstan, Georgia, Slovakia, Austria, Ceko, dan Indonesia.

Salah satu perwakilan peserta yang juga turut berkompetisi, Svitlana, yang berasal dari Ukraina, meyampaikan kekagumannya pada keunikan dan keindahaan seni tari dan musik tradisi yang dimiliki Indonesia. Svitlana berharap suatu hari nanti dapat berkunjung ke Indonesia dan mempelajari adat istiadat dan budaya Indonesia.

Selain megikuti kompetisi yang diadakan di dua negara tersebut, Grup Danadyaksa Budaya juga berpartisipasi menampilkan tari tradisi nusantara dalam acara Indonesia Day yang diadakan Kedutaan Besar Repiblik Indonesia (KBRI) Praha yang diselenggarakan di Royal Theatre Prague, yang dihadiri perwakilan dari kedutaan besar negara-negara sahabat .

Dubes Indonesia di Ceko, Aulia A. Rachman, menyampaikan apresiasi kepada grup Danadyaksa Budaya.

"Selamat kepada Tim Danadyaksa Budaya atas prestasi yang diraih. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas peran sertanya dalam mempromosikan kebudayaan Indonesia di Ceko," demikian Dubes Aulia Rachman.

Kepala SMP Labschool Cibubur, Uswadin, meyampaikan suka cita atas keberhasilan anak didiknya di ajang bergengsi ini.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebudayaa di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid turut menyampaikan selamat atas keberhasilan yang diraih.

Adapun, Ketua Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) SMP Labschool Cibubur Wulan Soe Rachim, menyampaikan rasa kebanggaan dalam usia yang masih tergolong sangat muda, anak-anak berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang bergengsi dunia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017