Bantul (ANTARA News) - Kepala Lembaga Administrasi Negara Adi Suryanto mengatakan inovasi aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah kabupaten/kota sangat menentukan jalannya pemerintahan daerah tersebut.

"ASN merupakan manajer pelaksana jalannya pemerintah daerah, jadi berhasil tidaknya suatu pemerintahan daerah tergantung kinerja dan inovasi ASN," katanya dalam acara Laboratorium Inovasi Daerah 2017 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin.

Oleh sebab itu, menurut dia, perlunya menumbuhkan inovasi ASN dalam mendorong kemandirian dan daya saing bangsa, dan inovasi tersebut adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"ASN juga sebagai motor penggerak dalam proses belajar masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga bisa menjadi sumber ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan baik secara lokal maupun global," katanya.

Adi Suryanto mengatakan, inovasi ASN digagas karena negara menginginkan perubahan yang nyata. Sementara dahulu, rancangan birokrasi antardaerah harus seragam, sedangkan saat ini tidak demikian.

"Karena setiap daerah mempunyai pemimpin yang berbeda karakter dan kelebihan, daerah mempunyai potensi dan karakternya berbeda-beda pula, serta kualitas ASN-nya yang berbeda," katanya.

Menurut dia, Laboratorium Inovasi LAN untuk 2015-2017 diawali di empat kabupaten/kota diantaranya Kota Yogyakarta dengan menciptakan 120 inovasi, Kabupaten Majalengka dengan 56 inovasi, Kabupaten Muara Enim dengan 79 inovasi dan Kabupaten Ciamis dengan 26 inovasi.

Sedangkan dalam kurun waktu selama tiga tahun sejak 2015-2017 Laboratorium LAN yang diterapkan di 33 kabupten/kota menghasilkan sebanyak 3.347 inovasi.

"Dengan acara ini diharapkan Bantul akan menjadi laboratorium inovasi yang akan menjadi tempat belajar bagi daerah lain di Indonesia," kata Adi.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan inovasi daerah merupakan hal baru di Bantul, namun setiap OPD sudah melakukan hal itu walaupun belum dikemukakan secara lisan bahwa hal itu merupakan sebuah ide inovasi pemerintah daerah.

"Saat ini dunia berubah dengan sangat cepat, maka kita harus bisa mengantisipasi perubahan tersebut seperti dengan memanfaatkan kemajuan TI (teknologi informasi) untuk mendukung berinovasi dan berkreasi," katanya.

Wabup Bantul mengatakan, antar ASN harus bisa berkompetisi untuk meningkatkan kemampuan, disiplin serta akuntabilitas dalam rangka memajukan kinerja OPD yang merupakan bagian dari pemerintah daerah yang diharapkan dapat maju di segala bidang.

Pewarta: H. Sidik
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017