Beirut (ANTARA News) - Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan pada Senin (13/11) dia senang mendengar Saad Hariri akan segera kembali ke Beirut dari Arab Saudi.

Hariri mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri dalam pidato yang disiarkan di televisi lebih dari sepekan lalu dari Riyadh dan ia masih berada di sana, memicu desas-desus bahwa dia dijadikan tahanan rumah secara de facto.

Namun, Hariri berjanji dalam wawancara TV pada Minggu malam bahwa dia akan pulang dalam beberapa hari -- kabar yang disambut baik oleh Aoun.

"Saya senang dengan pengumuman Perdana Menteri Hariri bahwa dia akan segera pulang ke Lebanon," cuit Aoun di Twitter.

"Saya menantikan kepulangan ini untuk membahas masalah pengunduran diri dengan perdana menteri, alasan di balik itu dan situasi, isu dan masalah yang perlu diatasi," imbuhnya dalam pernyataan melalui surat elektronik, sebagaimana dilaporkan AFP.

Aoun mengatakan pada Minggu bahwa gerakan Hariri tampaknya dibatasi dan meminta agar Riyadh menjelaskan mengapa dia belum kembali ke Beirut.

Dalam wawancara pada Minggu dengan stasiun TV partainya Future TV, Hariri mengatakan dia bebas bepergian dan akan kembali ke Lebanon dalam "dua atau tiga hari" ke depan. (mr)




Pewarta: Antara
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017