Sidoarjo (ANTARA News) - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, khususnya bawang putih mengalami kenaikan antara Rp1.000 sampai dengan Rp2.000 per kilogramnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Fenny Apridawati di Sidoarjo, Selasa, mengatakan saat ini harga bawang putih memang cenderung mengalami kenaikan.

"Kenaikannya antara seribu rupiah sampai dengan dua ribu rupiah setiap kilogramnya," katanya.

Ia mengemukakan seperti yang terjadi di Pasar Gedangan Sidoarjo, untuk bawang putih jenis kating mengalami kenaikan sebesar seribu rupiah dari Rp23.000 naik menjadi Rp24.000 setiap kilogramnya.

"Sementara itu, di Pasar Tulangan Sidoarjo untuk bawang putih jenis kating ini mengalami kenaikan lebih dari Rp2.000 rupiah," katanya.

Ia menjelaskan, selain kenaikan harga komoditas bawang putih, kenaikan juga terjadi pada komoditas lainnya seperti bawang merah yang naik dari Rp18.000 setiap kilogram naik menjadi Rp20.000 setiap kilogramnya.

"Kami terus melakukan pemantauan harga kebutuhan bahan pokok setiap hari supaya kalau ada kenaikan atau perubahan harga bisa dilakukan langkah antisipasi secepatnya," ujarnya.

Ia mengatakan untuk komoditas lainnya seperti cabai kecil masih cukup stabil yakni Rp18.000 setiap kilogramnya, begitu pula dengan telur ayam kampung yang berada di kisaran Rp19.000 setiap kilogramnya.

"Untuk harga daging di Pasar Krembung Sidoarjo saat ini harga setiap kilogramnya sebesar Rp96.000 atau masih cukup stabil sampai dengan saat ini," ujarnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur supaya tidak perlu khawatir dengan kondisi harga kebutuhan pokok yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini.

"Karena Kabupaten Sidoarjo merupakan kabupaten pendukung Kota Surabaya yang memiliki pasokan dari luar kota yang cukup bagus," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017