Memandang perlu dilakukan pembinaan terhadap para mahasiswa asing, digelarlah forum ini. Ya, sekaligus mempertebal ikatan akademik dan kultural dengan para pemangku kebijakan di Indonesia."
Semarang (ANTARA News) - Ratusan mahasiswa asing dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat berkumpul di Universitas Diponegoro Semarang.

Kedatangan para mahasiswa asing dari berbagai negara itu untuk mengikuti International Student Summit 2017 yang berlangsung di Gedung ICT Centre Undip, Semarang, Selasa.

Mereka berasal dari banyak negara, di antaranya Belanda, Jepang, Rumania, Australia, Jerman, Tiongkok, Polandia, Perancis, Slovakia, Brazil, Thailand, dan Amerika Serikat.

Kepala International Office Undip Dr Ita Widowati, DEA mengatakan ISS merupakan forum pertemuan mahasiswa asing yang berkuliah di Indonesia yang penyelenggaraannya bersifat tahunan.

"Memandang perlu dilakukan pembinaan terhadap para mahasiswa asing, digelarlah forum ini. Ya, sekaligus mempertebal ikatan akademik dan kultural dengan para pemangku kebijakan di Indonesia," katanya.

Menurut dia, keterlibatan mahasiswa asing dalam berbagai kegiatan perlu didorong, bukan hanya sebatas bersifat akademik, melainkan juga berkaitan dengan aspek sosial dan kultural.

Dengan keterlibatan aktif dari para mahasiswa asing dalam berbagai kegiatan masyarakat, lanjut dia, bisa meningkatkan kepedulian mereka terhadap masyarakat dan budaya yang ada di Indonesia.

Ia mengatakan ISS juga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa asing di Indonesia untuk berbagai pengetahuan tentang sistem pendidikan sebagai duta internasional pendidikan tinggi Indonesia.

"Kebetulan, pada tahun ini Undip didapuk menjadi `co-host`. Tema yang diambil kali ini adalah `Connect with Respect` yang maknanya memahami dan merayakan berbagai macam budaya," katanya.

Pada ISS 2017, kata dia, digelar berbagai kegiatan, seperti "food and cultural festival" yang merupakan ajang perkenalan makanan khas dan kesenian ikonik yang ada di masing-masing negara.

"Sebagaimana ISS sebelumnya, banyak pula lomba yang digelar, seperti lomba pidato bahasa Indonesia dan bahasa daerah, lomba membuat `vlog` dan `paper ilmiah` yang semuanya menggunakan bahasa Indonesia," katanya.

Selain itu, Ita menambahkan ISS secara rutin mengadakan pemilihan ketua persatuan mahasiswa asing seluruh Indonesia yang nantinya perguruan tinggi tempat mahasiswa itu menjadi "co-host" ISS berikutnya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017