Jakarta (ANTARA News) - Pengundian untuk menentukan grup babak playoff dan putaran final Liga 3 sudah dilangsungkan di Kantor Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Jakarta, Selasa.

Pengundian dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono dan Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, juga sempat disiarkan langsung melalui laman daring.

Hasilnya, sebanyak 24 tim playoff dan 24 tim yang langsung lolos ke putaran final masing-masing dibagi dalam delapan grup, dari Grup 1 sampai Grup 8, dari Grup A sampai Grup H.

Di babak playoff Liga 3, Grup 1 akan diisi oleh Persibeng Bengkayang (berasal dari Kalimantan), PS Matra Mamuju Utara (Sulawesi Barat) dan PS Belitung Timur (Bangka Belitung).

Grup 2 akan diisi oleh PS Benteng (Bengkulu), Aceh United (Aceh) dan Pelauw Putra (Maluku).

Pertandingan di Grup 1 dan 2 playoff akan digelar di Stadion Citarum, Semarang, Jawa Tengah.

Berikutnya di Grup 3 ada Patriot Chandrabaga (Jawa Barat), PES Pessel (Sumatera Barat) dan Gadjah Mada FC (DI Yogyakarta).

Grup 4 beranggotakan Persidago (Gorontalo), Persitangsel (Banten) dan Persegumas (Kalimantan Tengah).

Pertandingan di Grup 3 dan 4 akan digelar di Stadion Kebondalem, Kendal, Jawa Tengah.

Grup 5 terdiri dari Persipal Palu (Sulawesi Tengah), Persiter Ternate (Maluku Utara) dan PS Balangan (Kalimantan Selatan).

Grup 6 diisi oleh Persintan Intan Jaya (Papua), PS Bintan (Kepulauan Riau) dan PSKT Sumbawa Barat (Nusa Tenggara Barat).

Laga Grup 5 dan 6 nantinya dilangsungkan di Stadion Wergu Wetan, Kudus, Jawa Tengah.

Grup 7 diisi oleh Persekaba Bali (Bali), Sakai Sambayan FC (Lampung) dan Persijam Jambi (Jambi).

Terakhir Grup 8 beranggotakan Bintang Kranggan (DKI Jakarta), Persimura (Sumatera Selatan dan PS Keluarga USU (Sumatera Utara).

Grup 7 dan 8 akan bertanding di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Jawa Tengah.

Adapun babak playoff Liga 3 ini akan dilaksanakan pada 28-30 November 2017.

Putaran Final

Sementara putaran final akan dilangsungkan pada tanggal 3-17 Desember 2017, juga di empat kota serupa dengan babak playoff.

Nantinya para masing-masing juara grup di babak playoff akan menghuni satu grup di putaran final. Berikut pembagian grupnya.

Di Grup A ada PSDS Deli Serdang (Sumatera Utara), Kuala Nangroe Aceh (Aceh), Persewar Waropen (Papua) dan juara playoff Grup 1.

Grup B ada PSKC Cimahi (Jawa Barat), Perseban Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Persibo Bojonegoro (Jawa Timur) dan juara playoff Grup 2.

Laga-laga putaran final Grup A dan B dilaksankan di Stadion Citarum, Semarang, Jawa Tengah.

Grup C beranggotakan Maung Anom FC Bandung (Jawa Barat), Persik Kendal (Jawa Tengah), Villa 2000 B (DKI Jakarta) dan juara playoff Grup 3.

Grup D diisi oleh Deltras Sidoarjo (Jawa Timur), Batang Anai FC (Sumatera Barat), Persebit Bitung (Sulawesi Utara) dan juara playoff Grup 4.

Semua partai di Grup C dan D dilangsungkan di Stadion Kebondalem, Kendal, Jawa Tengah.

Grup E ada Bank Sulut (Sulawesi Utara), PS AD Balikpapan (Kalimantan Timur), Persse Ende (Nusa Tenggara Timur) dan juara playoff Grup 5.

Grup F diisi Nabil FC (Riau), Persilat Lampung Tengah (Lampung), Satria Adikarta Kulonprogo (DI Yogyakarta) dan juara playoff Grup 6.

Laga-laga di Grup E dan F digelar di Stadion Wergu Wetan, Kudus, Jawa Tengah.

Di Grup G ada Persidrap Sidrap (Sulawesi Selatan), Pelangi Intimung (Kalimantan Utara), Persekabpas Pasuruan (Jawa Timur) dan juara playoff Grup 7.

Terakhir di Grup H ada Persis Gotong Royong Solo (Jawa Tengah), Bangka Selection (Bangka Belitung), Blitar United FC (Jawa Timur) dan juara playoff Grup 8.

Pertandingan Grup G dan H semuanya berlangsung di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Jawa Tengah.

Sebagai informasi, Liga 3 merupakan kompetisi amatir yang berada di bawah naungan PSSI. Peringkat tiga besar turnamen ini akan naik ke Liga 2 dan menjadi tim profesional. 

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017