Turnamen sepak bola Gala Siswa digelar Januari 2018

Turnamen sepak bola Gala Siswa digelar Januari 2018

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

Dalam sepak bola ada nilai-nilai fair play, sportivitas, disiplin dan tanggung jawab"
Jakarta (ANTARA News) - Turnamen sepak bola tingkat SMP yang digelar bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan berlangsung pada 1-14 Januari 2018.

Berdasarkan keterangan PSSI di Jakarta, Selasa (14/11) malam, pertandingan di dua minggu pertama Januari 2018 tersebut ditandai dengan pertandingan tingkat kecamatan.

Setelah itu, mulai 1 Maret sampai 14 Agustus turnamen tersebut akan meningkat ke level kabupaten/kota dan berlanjut ke level provinsi pada 1-14 September 2018.

Para pemenang di provinsi selanjutnya berlaga di putaran nasional yang dilangsungkan pada Oktober 2018. Juara nasional ini nantinya akan mengikuti pemusatan latihan nasional dan nantinya dikirim ke turnamen-turnamen nasional.

Kemendikbud, KONI dan PSSI menargetkan setidak-tidaknya ada 50 persen dari 350.000 siswa SMP di Indonesia bisa berpartisipasi di Gala Siswa ini.

Selain Gala Siswa, kerja sama ketiga lembaga tersebut juga akan diwujudkan dalam pemberian kursus Lisensi D Nasional bagi para guru olahraga.

Kegiatan ini sendiri sudah dimulai dengan pemberian lisensi D Nasional di POR Pelita Sawangan, Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini sudah dimulai pada hari Sabtu (11/11) lalu dan akan berlangsung sampai tanggal 18 November 2017.

Kursus kepelatihan ini diikuti sebanyak 89 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (Penjasorkes) tingkat SMP dari 33 provinsi.

Kemudian, PSSI dan Kemendikbud sepakat memasukkan filosofi sepak bola Indonesia atau "Filanesia" sebagai salah satu materi kurikulum olahraga di sekolah.

"Dalam sepak bola ada nilai-nilai fair play, sportivitas, disiplin dan tanggung jawab. Agar tujuan kami bisa tercapai, maka kami harus bekerjasama dengan PSSI dan KONI sebagai stakeholder di bidang olahraganya," kata Mendikbud Muhadjir Effendy.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha menyebut, salah satu kunci pengelolaan sepak bola yang baik adalah adanya kerja sama dengan pemangku kepentingan terpenting yaitu pemerintah.

"PSSI butuh kerja sama dan sinergi dengan pemerintah agar bisa lari lebih cepat untuk menjawab tantangan dan harapan seluruh masyarakat Indonesia dari sepak bola," kata Ratu Tisha.

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar