Jakarta (ANTARA News) - Apple sekali lagi menjadi pemimpin pasar wearable untuk kuartal ketiga 2017.

Dilansir dari laman GSM Arena, perusahaan yang membuat Apple Watch itu berada di posisi pertama pada Q1, namun disusul oleh Xiaomi dan Fitbit di Q2.

Pada Q3 2017, kedudukan Apple diikuti oleh Xiaomi dan Fitbit. Apple diperkirakan telah mengirimkan 3,9 juta wearable antara bulan Juli hingga September. Xiaomi mengirimkan 3,6 juta unit dalam jangka waktu yang sama, sementara Fitbit menjual 3,5 juta unit.

Hal ini berarti Apple kini menguasai 23 persen pasar wearable, sementara Xiaomi memiliki pangsa pasar 21 persen, dan Fitbit duduk di level 20 persen.

Huawei berada di posisi keempat, namun hanya memiliki pangsa pasar 6 persen, sehingga tidak menimbulkan ancaman bagi tiga brand tersebut, setidaknya dalam waktu dekat.

Menutup posisi lima besar ada Samsung dengan pangsa pasar 5 persen.

Peluncuran Apple Watch Series 3 yang berkemampuan LTE jelas membantu Apple di Q3, kuartal terkuatnya sepanjang tahun ini. Sebanyak 800.000 unit Apple Watch terjual dalam periode tiga bulan itu dengan varian LTE.

Namun, menurut analis, Series 3 gagal mencapai potensi penuhnya pada kuartal ketiga. Hal tersebut dikarenakan ketersediaan yang terbatas akibat permintaan lebih tinggi dibandingkan pasokan. Sehingga, diperkirakan arloji pintar tersebut akan mendapat angka penjualan yang lebih baik di kuartal keempat Apple.

Sementara pengiriman smartwatch bertumbuh, perangkat gelang kebugaran tidak terjual secepat dulu. Oleh sebab itu, keseluruhan pasar perangkat tersebut tercatat turun 2 persen di Q3 menjadi 17,3 unit, demikian GSM Arena.


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017