China akan kirim utusan ke Korut

China akan kirim utusan ke Korut

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania mengunjungi Kota Terlarang dengan Presiden China Xi Jinping dan Ibu Negara Peng Liyuan di Beijing, China, Rabu (8/11/2017).

Beijing (ANTARA News) – China akan mengirimkan utusan khusus ke Korea Utara, lapor kantor berita Xinhua pada Rabu, setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menutup lawatan Asia untuk menggalang dukungan melawan ancaman nuklir Pyongyang.

Utusan khusus Presiden Xi Jinping, Song Tao, akan berangkat ke Korea Utara pada Jumat guna mendiskusikan kongres Partai Komunis China, yang digelar bulan lalu, kata Xinhua, tanpa menjelaskan detail lebih lanjut.

Pengumuman itu disampaikan sehari setelah penutupan lawatan Trump ke lima negara Asia, termasuk pertemuan dengan Xi yang di dalamnya Trump mendesak China untuk bertindak cepat dalam mengendalikan Korea Utara.

Pemerintah AS menilai pengaruh ekonomi China terhadap Korea Utara adalah kunci bagi Pyongyang untuk menghentikan program senjata nuklir dan rudalnya.

Pada Minggu, Trump mengatakan Xi menyatakan bahwa "dia menambah sanksi terhadap" Korea Utara, walaupun China belum mengumumkan langkah hukuman baru, demikian laporan AFP.(mu)  

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar