Tuan Hariri telah meninggalkan bandara Riyadh dengan jet pribadinya bersama dengan istrinya
Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri hari ini meninggalkan Arab Saudi menuju Prancis, lapor saluran televisi milik keluarga Hariri. Dua pekan lalu, Hariri mengundurkan diri dari jabatannya.

"Tuan Hariri telah meninggalkan bandara Riyadh dengan jet pribadinya bersama dengan istrinya dan menuju ke bandara Le Bourget (Prancis)", umum Future TV sekitar pukul 06.20 WIB tadi.

Kepada AFP, seorang sumber yang dekat dengan Hariri menyatakan penerbangan itu akan memakan waktu enam setengah jam.

Sebelumnya Hariri memposting cuitan bahwa dia tengah dalam perjalan ke bandara Saudi itu. Kabar ini sekaligus membantah klaim bahwa dia telah dihalang-halangi Saudi untuk bepergian.

Presiden Lebanon Michel Aoun menuduh pemerintah Saudi telah menahan  Hariri. Dia juga menolak pengunduran diri Hariri yang dilakukannya di luar negeri (Saudi).

Hariri, pemegan dwikewarganegaraan Saudi, berada di Riyadh sejak mengeluarkan pernyataan di televisi 4 November lalu bahwa dia mengundurkan diri karena mengkhawatirkan keselamatan jiwanya.

Macron akan menemui Hariri Sabtu siang waktu Prancis (sekitar 17.00 WIB), kata kantor kepresidenan Prancis seperti dikutip AFP.

Pengunduran diri Hariri dianggap sebagai simbol persaingan pengaruh antara Saudi dan Iran di Lebanon.




Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017