AsiaNet 71007

JAKARTA, dan TOKYO, 14 November 2017 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet)--

Guna merealisasikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan Indonesia, infrastruktur berkualitas Jepang itu penting. Pemerintah Jepang menggelar "Dialog Infrastruktur Berkualitas -- Membangun Masa Depan Asia" di Jakarta Convention Center, tempat diselenggarakannya Pekan Infrastruktur Indonesia 2017, pada Rabu, 8 November 2017. 

(Foto: http://prw.kyodonews.jp/img/201711097751-O1-hjIhZk9g)

Sementara event ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta, digelar diskusi aktif mengenai jenis-jenis infrastruktur berkualitas yang penting untuk pembangunan kuat dan berkelanjutan di Indonesia, serta bagaimana Jepang bisa berperan penting.

Bapak Kozo Honsei, Deputi Chief of Mission Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, menyatakan dalam pidato pembukaannya atas nama Pemerintah Jepang: "Kita jelas membutuhkan perencanaan, keuangan dan teknologi yang tepat untuk pembangunan infrastruktur Indonesia serta pertumbuhan ekonomi di Indonesia." Ia juga menyebutkan bahwa Jepang tak hanya membantu pertumbuhan ekonomi, tapi juga meningkatkan kualitas hidup di Indonesia.

Wakil Pemerintah Indonesia, Dr. Ir. Wahyu Utomo, Deputi Menteri Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, menyatakan bahwa dialog tersebut penting untuk berbagi dan membahas peran infrastruktur dalam pengembangan ekonomi Indonesia.

Mengenai penetapan agenda, Yasuharu Funabashi, Deputi General Manager Kantor Proyek Strategis, Departemen Riset Industri, Mizuho Bank, melakukan presentasi dengan data berwawasan mengenai situasi terkini perekonomian Indonesia dan pandangannya. Funabashi menekankan bahwa penggerak ekonomi Indonesia tengah dalam proses mengubah dirinya dari sumber daya alam menjadi infrastruktur.

Dalam dialog itu, panelis dari Indonesia dan Jepang juga membahas peran infrastruktur berkualitas dalam pertumbuhan ekonomi kuat dan berkelanjutan Indonesia. Diskusi tersebut meliputi proyek infrastruktur istimewa sebagai penggerak pembangunan ekonomi, peran infrastruktur berkualitas dalam pertumbuhan ekonomi berkelanjutan Indonesia, serta pentingnya kontribusi sektor umum dan swasta Jepang untuk merealisasikan rencana pembangunan Indonesia.

Kata Dr. Ir. Wahyu Utomo, guna mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, faktor penting membangun sumber daya manusia lokal, yang memungkinkan orang melaksanakan infrastruktur dengan tepat.

Untuk pihak Pemerintah Jepang, Ibu Yuko Baba berkata: "Ketika teknologi canggih baru dipasang, perencanaan yang benar berdasarkan pengalaman praktis merupakan kunci kesuksesan. Selain mendukung seluruh proses perencanaan, Jepang akan dapat bekerjasama erat dengan Indonesia di bidang pengembangan sumber daya manusia. Jepang ingin berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi kuat Indonesia sebagai mitra yang setia."

Dari sisi bisnis, Bapak Tomofumi Fukuda, President Director, PT Marubeni Indonesia, menjelaskan bahwa masalah terbesar infrastruktur Indonesia adalah "pembebasan lahan." Membuat perencanaan konkrit bekerjasama dengan pemerintah adalah kunci untuk memecahkan masalah tersebut. Dr. Ir. Wahyu Utomo menyepakati hal itu dan juga mengemukakan bahwa terdapat pula masalah keuangan. Ia meminta perusahaan Jepang agar mempertimbangkan situasi Indonesia dan mengupayakan berbagai rencana yang lebih fleksibel.

Dalam mengakhiri dialog itu, Ibu Baba menegaskan bahwa "Inilah saatnya Indonesia yang hebat melaksanakan inisiatif tersebut dan mengembangkan 'Infrastruktur Berkualitas.' Jepang tidak hanya ingin berkontribusi mengembangkan infrastruktur itu sendiri, tapi juga merealisasikan operasi infrastruktur jangka panjang berkualitas setelah merampungkan pembangunan kapasitas manusia, di mana kami kuat dan berpengalaman."

Program:
- Pidato pembukaan oleh tuan rumah:
Bapak Kozo Honsei, Deputi Chief of Mission Kedutaan Besar Jepang di Indonesia
- Pidato oleh tamu kehormatan:
Dr. Ir. Wahyu Utomo, Deputi Menteri Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia
- Agenda: Dialog Infrastruktur Berkualitas, Membangun Masa Depan Asia
- Dialog: Apakah faktor terpenting pembangunan infrastruktur dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat di Indonesia?
- Penetapan topik: Bapak Yasuharu FUNAHASHI, Deputi General Manager, Mizuho Bank   
- Panelis: Ibu Yuko BABA, Direktur Promosi Dagang, Divisi Promosi Dagang, METI
Bapak Tomofumi FUKUDA, President Director, PT Marubeni Indonesia
Dr. Ir. Wahyu Utomo, Deputi Menteri Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur
dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia
Bapak Novias Nurendra, General Manager Departemen Sistem, PT. Wijaya Karya
Bapak Irwan Sjarkawi, President Komisaris Bakrie&Brothers
Bapak Ali Herman Ibrahim, Bakrie Power; mantan Managing Director PT. PLN
- Moderator: Ibu Tomoko OMURA, Jurnalis, mantan pembawa berita NHK dan NHK World
- Presentasi: Bapak Mikio MATSUMOTO, Chief Representative Jakarta Representative Office, Tokyo Gas Co., Ltd.
Bapak Masahiko MORINO, Chief Representative, Jakarta Liaison Office, Mitsubishi Heavy Industries, ltd.   


SUMBER: Kantor Administrasi Dialog Infrastruktur Berkualitas


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017