Jakarta (ANTARA News) - Uji coba operasi Kereta Api Bandara Internasional Soekarno-Hatta diundur dari semula 25 November menjadi awal Desember 2017, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Mungkin kita undur sedikit sampai tanggal 1-2 Desember 2017," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui usai memberikan sambutan pada diskusi bertajuk "ITS Role in Future Mobility" di Jakarta, Selasa.

Budi menjelaskan terdapat pembenahan-pembenahan yang harus dilakukan, seperti slot dengan kereta yang sudah beroperasi, seperti kereta rel listrik (KRL) dan di stasiun.

"Ini yang kita cek adalah sistemnya, kemudian slot dengan kereta yang ada, ada beberapa tempat dengan pembenahan tertentu, supaya kita lebih lancar," katanya.

Sebelumnya, Kemenhub dan PT KAI memastikan bahwa uji coba operasi KA Bandara akan dilakukan pada 25 November 2017.

Budi mengatakan progress sudah mencapai 90 persen, sementara masalah lahan sudah seluruhnya terselesaikan.

Sementara itu, PT Railink sebagai operator KA Bandara telah merilis jadwal perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta dengan rute Stasiun Sudirman Baru sampai dengan Stasiun Soekarno- Hatta.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan PT Railink telah siapkan 10 rangkaian KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya.

Total panjang jalur KA Bandara dari Manggarai menuju Soekarno-Hatta adalah 37,12 kilometer, dengan rincian Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman sepanjang 3,2 kilometer, Stasiun Sudirman Baru-Sudirman Duri sepanjang 6,5 kilometer, Stasiun Duri-Stasiun Batuceper 15,7 kilometer dan Stasiun Batuceper-Bandara Soetta 11,78 kilometer.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017