AsiaNet 71162

HANGZHOU, Tiongkok, 22 November 2017 (Antara/Xinhua-AsiaNet)--

Pada 18 November 2017, suatu "pertemuan keluarga" khusus digelar di Xiaoshan District, Hangzhou City, salah satu distrik perkotaan termaju di Tiongkok timur. Sebanyak 800 warga Xiaoshan, yang merupakan tokoh terkemuka di berbagai sektor di seantero negara tersebut dan dunia, pulang dalam rangka bereuni memenuhi panggilan pemerintah Xiaoshan District untuk pertama kalinya.

Dalam perkembangannya selama hampir 40 tahun, Xiaoshan, yang masyhur sebagai kota wirausahawan dan reformis, sekarang telah bertransformasi menjadi distrik perkotaan internasional dari ekonomi regional terkemuka di Tiongkok dengan kinerja ekonomi kota yang kuat.

Xiaoshan berlokasi di tepi selatan Qiantang River Tiongkok. Distrik modern ini adalah tuan rumah KTT G20 Hangzhou. Ia terkenal karena pembangunan ekonominya dan kerap kali meraih peringkat pertama tujuan investasi terbaik di Tiongkok daratan. Sejak Tiongkok bereformasi dan membuka diri, warga Xiaoshan menciptakan keajaiban dalam perkembangan ekonomi swasta Tiongkok.

Lu Guanqiu, yang baru saja meninggal dunia, berasal dari Xiaoshan. Ia merupakan tokoh yang amat berpengaruh dalam perusahaan swasta Tiongkok. Pada akhir 1970-an, ia mendirikan Wanxiang Group dan menjadi OEM pertama di Tiongkok yang memasok suku cadang kendaraan bermotor ke General Motors. Anak perusahaannya di AS membuka puluhan perusahaan di 26 negara bagian dan menciptakan lebih dari 8.000 lapangan kerja di AS. Negara bagian Illinois menetapkan tanggal 12 Agustus sebagai "Wanxiang Day" dalam mengakui kontribusi perusahaan Tiongkok pada negara bagian tersebut.

Sejak didirikan pada 1986 sebagai perusahaan kimia, Chuanhua Group mulai berkembang menjadi perusahaan swasta modern yang ternama dan beraneka ragam.

Dalam beberapa tahun terakhir, Xiaoshan, yang merupakan raksasa ekonomi Tiongkok, mengemban misi "mendorong transisi ekonomi dan sosial menyeluruh melalui transformasi kota."

Pemerintah lokal menyadari bahwa inovasi adalah penggerak utama pembangunan.

Hangzhou Bay Information Port, yang berlokasi di Xiaoshan Economic and Technological Development Zone, adalah platform "inkubasi" yang penting bagi industri Internet di Xiaoshan. Di sinilah lebih dari 30 perusahaan Internet ternama di Tiongkok berpusat dan ia telah menjadi kekuatan penggerak yang penting bagi Xiaoshan untuk berkembang dari area produksi menjadi area ekonomi informasi.

Saat ini, bentuk industri baru Xiaoshan, dengan pabrikasi cerdas sebagai intinya, mulai terbentuk. Aliansi big data industri sekaligus laboratorium big daya industri pertama Tiongkok didirikan di Xiaoshan. Perusahaan raksasa Internet Alibaba dan Netease, serta perusahaan AI terkemuka pun berkantor di sana.

Hangzhou International Expo Center di Xiaoshan dipilih sebagai tempat diselenggarakannya KTT G20 Hangzhou. Blok tempat event tersebut berlokasi -- Olympic Sports Expo City juga akan menjadi tempat digelarnya Hangzhou Asian Games tahun 2022.

Menurut statistik, mulai 25 September 2016 ketika pusat itu diresmikan, ia telah menuanrumahi lebih dari 1.800 konferensi dan 37 pameran dengan area total lebih dari 3,5 juta meter persegi. G20 Summit Experience Hall-nya telah dikunjungi oleh satu juta orang.

Berbekal pengakuan dari penyelenggara konferensi internasional, Hangzhou International Expo Center bergabung dengan ICCA (International Congress & Convention Association) pada 2017, dan menjadi satu-satunya anggota UIA (Union of International Associations) di Tiongkok. Di masa depan, akan ada lebih banyak pameran, konferensi dan event budaya internasional.

Xiaoshan akan menjelma menjadi kota pameran paling dinamis di Tiongkok sekaligus tujuan konvensi dan pameran terkemuka dunia. Pada 2019, total pendapatan dari pameran diperkirakan akan melampaui 15 juta yuan (USD2,3 miliar) dan akan ada lebih dari 1.000 konferensi internasional. Dengan demikian, Xiaoshan akan mengembangkan industri baru, yakni pameran berkelas atas.

Setelah KTT G20 Hangzhou, Xiaoshan telah menjadi distrik perkotaan penting yang menghubungkan Hangzhou dengan dunia. Di masa depan, distrik tersebut akan giat mengembangkan industri konvensi dan pameran, serta akan berupaya membangunnya menjadi kota internasional Tiongkok berdasarkan konsep "Exhibition +".

SUMBER: Xiaoshan District Government

Tautan Lampiran Gambar:
http://asianetnews.net/view-attachment?attach-id=301333


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017