Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Kunto Aji menjanjikan karya yang segar dalam album kedua yang baru akan dirilis tahun depan.





Di album perdana "Generation Y" , Kunto Aji menyuguhkan lagu-lagu bertema cinta dengan genre pop.




"Tema besar (album kedua) sebenarnya tentang mental health, cuma akan saya kerucutkan yang tidak seberat itu," kata dia.




Sebagai contoh, salah satu isu yang diangkat jadi tema lagu adalah perasaannya sebagai seorang pendatang yang tinggal di ibu kota.




Musiknya juga akan lebih bersemangat dibandingkan karya-karya di album pertama.




"Saya akan lebih eksplor di segi musiknya, pemilihan instrumentasi juga berbeda. Solois selalu identik demgan orkestra segala macam, saya justru ingin mencoba mengubah itu karena sebenarnya tidak harus di situ. Ada cara lain untuk kita mengeksplor sisi seorang solois," tutur Kunto Aji dalam peluncuran single "Konon Katanya" di Jakarta, Kamis.





Meski demikian tetap ada benang merah dari album pertama. Bila diibaratkan sebagai makanan, album kedua ini memiliki bumbu yang berbeda, kata dia. Gitar elektrik jadi salah satu faktor pembeda.




"Saya bikin lagu biasanya sembarang gitar saja yang ada, album kedua ini semua lagu saya bikin dengan gitar elektrik," ujar Kunto, menambahkan perubahan itu secara otomatis membuat hasil karyanya jadi berbeda.



Di album yang dulu, dia memikirkan betul mana segmen pasar yang diincar. Namun kali ini berkarya lebih bebas tanpa memikirkan sisi tersebut.




"Sekarang ya sudah, bikin ya bikin saja," kata dia.




Dia juga mengungkapkan alasan bergabung dengan label Juni Records setelah sebelumnya berkarya secara independen. Mengaku cocok dengan label yang menaungi Raisa, Barasuara, dan Dengarkan Dia, Kunto merasa bisa melangkah lebih jauh di sana ketimbang berjalan sendiri.




Kunto Aji meluncurkan lagu "Konon Katanya", single pertama yang diambil dari album kedua. Bekerja sama dengan produser Uga Swastadi, Kunto Aji mencoba arah baru dan mengambil beragam inspirasi baru untuk kemudian dituangkan menjadi sebuah karya.




“Semoga setelah mendengar Konon Katanya, orang-orang akan menganggap musik saya yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan sebelumnya. Karena saya memang punya banyak kejutan di album kedua saya nantinya,” imbuh dia.




Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017