Jakarta (ANTARA News) - Komisi Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI) menetapkan pertandingan Go-Jek Traveloka Liga 1 Persija versus Persib yang digelar Jumat (3/11) berakhir 3-0 untuk kemenangan Persija, berdasarkan sidang pada Selasa (7/11).

Selain diputuskan kalah 0-3, Persib Bandung juga disanksi denda sebesar Rp200 juta. Dalam keterangan tertulis PSSI yang diterima di Jakarta, Kamis, hukuman tersebut diterima oleh Maung Bandung karena menolak melanjutkan pertandingan di tengah laga.

Namun, vonis Komdis tersebut tidak mengubah posisi klasemen akhir Go-Jek Traveloka Liga 1 karena sebelum keputusan itu keluar Persija sendiri unggul 1-0 dalam partai yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Solo, Jawa Tengah itu.

Sebelumnya, dari pertandingan yang sama, manajer Persib Bandung Umuh Muchtar juga sudah menerima hukuman dari Komdis PSSI yaitu larangan beraktivitas di lingkungan sepak bola selama enam bulan dan denda Rp50 juta.

Komdis menyebut Umuh Muchtar telah melakukan provokasi terhadap tim sehingga tidak lagi melanjutkan pertandingan.

Selain itu, dari sidang Komdis PSSI pada Rabu (22/11), diputuskan bahwa panitia pelaksana pertandingan (panpel) Bali United disanksi denda Rp15 juta karena suporter menyalakan suar ("flare") dalam laga Go-Jek Traveloka Liga 1 Bali United kontra Persegres Gresik, Minggu (12/11).

Panpel Persipura Jayapura juga disanksi denda Rp75 juta karena dalam pertandingan Liga 1 Persipura Jayapura versus Sriwijaya FC, Minggu (12/11), suporter melakukan pelemparan botol.

Sanksi denda ditujukan pula ke panpel Persib Bandung yaitu sebesar Rp195 juta karena Komdis menilai suporter masuk ke lapangan, merusak properti dan menyalakan suar di laga Liga 1 Persib Bandung kontra Perseru Serui, Minggu (12/11).

Dari Liga 2, Pemain Martapura FC Erwin Gutawa dihukum larangan bermain tiga kali dan denda Rp25 juta karena mengangkat kaki terlalu tinggi yang mengakibatkan lututnya mengenai pemain lawan dalam laga Kalteng Putra FC versus Martapura FC, Kamis (16/11).

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator tidak luput dari sanksi Komdis PSSI. LIB didenda Rp75 juta karena dianggap gagal memberikan rasa aman dan nyaman dalam laga Liga U-19, Persipura Jayapura U-19 kontra Persib Bandung U-19 pada Selasa (7/11).

Dari laga yang sama, Persib Bandung U-19 dihukum denda Rp75 juta karena pendukungnya menyalakan suar, melempar botol dan bangku stadion. ***4***

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017