Musim hujan sudah datang. Hampir tiap hari sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan bahkan hingga menyebabkan banjir. Namun bukan berarti banjir menjadi penghalang aktivitas sehari-hari.

Kita masih bisa melakukan berbagai kegiatan produktif sambil tetap memerhatikan keselamatan diri sendiri dan pengendara lain. Untuk itu kita perlu menjadi pengendara cerdas dengan menerapkan beberapa kiat berkendara aman di musim hujan berikut ini:

1.    Selalu pantau kondisi jalan. Hindari bepergian ke tempat-tempat rawan banjir kalau tidak ada kepentingan sangat mendesak. Jika aktivitas tidak bisa ditunda, carilah jalur alternatif paling aman.

2.    Periksa lampu kendaraan agar dapat menjaga jarak pandang dengan baik. Penglihatan yang terganggu akibat hujan dapat menghalangi jarak pandang saat berkendara. Oleh karena itu, pastikan lampu tidak rusak dan dihidupkan walaupun di siang hari.

3.    Kurangi kecepatan. Berkendara di cuaca terang sangat berbeda dengan kondisi hujan atau terdapat genangan. Hindari kolong flyover dan underpass, jalan berpohon besar, reklame raksasa, jalan cekung dan genangan air.

4.    Jaga jarak aman pengereman, jangan menerobos genangan, waspadai lubang dan gelombang air yang bisa masuk ke dalam ruang mesin.

5.    Berhenti apabila hujan terlalu lebat. Derasnya air hujan pasti mengganggu jarak pandang. Namun, apabila volume hujan terlalu besar sudah pasti jarak pandang semakin pendek dan wiper berpotensi mengalami gangguan. Oleh karena itu, berhentilah terlebih dahulu sampai hujan reda.

6.    Bila terjebak banjir sedangkan mesin mobil masih hidup dan lantas mogok, segera matikan mesin, cabut accu, dorong mobil ke tempat yang aman.

7.    Jika mobil tidak bisa dievakuasi saat banjir, segera tutup ujung knalpot, cabut accu, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.

8.    Jangan langsung menyalakan mobil jika sempat terendam banjir. Periksa saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, dan pengapian dalam kondisi baik.

Namun, bagaimana jika kendaraan Anda tetap ngadat saat hujan? Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda mulai melindungi mobil dengan asuransi untuk mendapatkan peace of mind sejak sekarang.

Tapi bagaimana cara membeli asuransi saat hujan mengguyur dan mengganggu aktivitas? Tak perlu repot, lewat Garda Oto Digital sekarang Anda bisa membeli asuransi tanpa harus kemana-mana.

Cukup kunjungi situs gardaoto.com untuk membeli asuransi. Dengan Garda Oto Digital, mendapatkan perlindungan yang menyeluruh kini terasa makin gampang.

Garda Oto Digital memberikan banyak manfaat seperti gampang pilih lokasi klaim untuk Anda yang mager keluar rumah atau kantor, misalnya.

Cukup unduh dan pakai aplikasi Garda Mobile Otocare untuk lapor klaim, maka petugas Garda Oto Digital akan mendatangi tempat Anda. Manfaat lainnya adalah gampang antar jemput kendaraan, jadi Anda tidak perlu repot membawa dan menjemput mobil ke bengkel saat akan diperbaiki.

Terakhir gampang pantau status klaim, karena dengan mudah perkembangan perbaikan mobil Anda di bengkel bisa dilihat setiap saat melalui Otocare.

Bahkan melalui Otocare, Anda dapat meminta bantuan jika terjebak kondisi darurat. Tekan saja Garda Akses 1 500 112, maka petugas Garda Siaga siap membantu dan menangani kondisi darurat selama 24 jam tanpa henti. Jadi sekarang tak ada lagi alasan tak bisa beraktivitas saat musim penghujan.

Dengan penerapan perilaku aman berkendara dan perlindungan asuransi yang menyeluruh, aktivitas tetap aman meski diguyur hujan.


Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017