Padang (ANTARA News) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyatakan pelaksanaan Tour de Singkarak 2018 akan tetap didukung pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata.

"Kita sudah terima surat dari kementerian. TdS 2018 tetap akan didukung, demikian juga kabupaten/kota sudah sepakat mendukungnya," kata dia di Padang, Senin.

Ia mengatakan itu terkait wacana Kementerian Pariwisata akan menyerahkan pelaksanaan TdS 2018 pada Pemerintah Provinsi Sumbar.

Kepanitiaan TdS 2018 menurut Nasrul juga bersama antara kementerian dan Pemprov Sumbar, karena perhelatan itu bersifat internasional.

"Balap sepeda ini skalanya internasional, karena itu tetap harus melibatkan kementerian," kata dia.

Sementara itu wacana keterlibatan Provinsi Riau dan Jambi dalam TdS 2018, ia mengatakan memang ada pembicaraan terkait hal itu. Namun hal itu masih sebatas wacana dan belum final.

"Jambi mengusulkan Sungai Penuh, Kerinci, Jambi masuk dalam salah satu etape," kata dia.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata RI Esty Reko Astuty mengatakan penyelenggaraan TdS 2018 tetap berada di bawah Kementerian Pariwisata. Tidak ada penyerahan pelaksanaan TdS 2018 sepenuhnya pada provinsi.

TdS 2018 adalah pelaksanaan ke-10 kalinya dan diharapkan bisa tetap menjadi salah satu kegiatan untuk menarik wisatawan datang ke daerah tersebut.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017