Siak (ANTARA News) - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Fauzi Asni menyebutkan rute "Tour de Siak" yang akan berlangsung dari 28 November hingga 1 Desember 2017 hanya melintasi tiga etape saja.

"Tahun ini hanya etape Siak-Dayun, Siak-Sungai apit dan Siak city race. Rute Siak-Perawang yang digelar tahun sebelumnya tidak kita lakukan," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Fauzi Asni, Senin.

Dia mengatakan, pembukaan Tour de Siak akan dilangsungkan Selasa (28/11) dengan menggelar fun bike dan parade atlet. Dilanjutkan pada hari berikutnya dengan melintasi etape Siak-Dayun sepanjang 154,18 kilometer (km).

Etape II pada Kamis (30/11) Siak-Sungai Apit sepanjang 115, 45 km dan ?Etape III Siak City Race (hari terakhir) sepanjang 92,06 km.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya yang melintasi empat etape. Tahun ini menghilangkan etape Siak-Perawang dikarenakan kondisi jalan yang masih rusak hingga saat ini," kata dia lagi.

Saat disinggung berapa anggaran yang dihabiskan untuk Tour de Siak tahun 2017 ini, Fauzi Asni menyebutkan sebesar Rp3,2 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Siak.

"Anggaran tahun ini berkurang sebesar Rp400 juta dibandingkan 2016," imbuhnya.

Bupati Syamsuar berharap perhelatan Tour de Siak ini bisa memberi dampak pada peningkatan jumlah wisatawan dalam dan luar negeri ke Kabupaten Siak serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Semoga event ini mampu menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan nusantara serta mancanegara untuk mengunjungi Kabupaten Siak, sehingga Kabupaten Siak semakin dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan," kata Syamsuar.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017