Pontianak (ANTARA News) - Batalyon Marinir Jaguar Yudha Khatulistiwa atau yang juga dikenal Batalyon Marinir Pertahanakan Pangkalan, Selasa, resmi memperkuat Lantamal XII Pontianak, Provinsi Kalbar.

Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono di Pontianak, meresemikan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak, di Alun-alun Kota Pontianak Kalbar.

Selain meresmikan Yonmarhanlan XII Pontianak, Komandan Korps Marinir juga mengukuhkan Mayor Marinir Eko Budi sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII Pontianak, yang sebelumnya menjabat sebagai Dik USMC CMD dan Staf Collage di AS.

Peresmian Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan tersebut dihadiri oleh Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi dan didampingi Ketua Korcab XII DJAB, Nana Endi Supardi.

Bambang menjelaskan, peresmian Yonmarhanlan XII Pontianak, dan pengukuhan Danyonmarhanlan XII Pontianak merupakan realisasi pengembangan dan validasi organisasi Korps Marinir dalam rangka membangun kekuatan pertahanan sesuai postur dan Esential Force (EF) TNI-AL.

"Walaupun dihadapkan dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya terpenuhi, akan tetapi mengingat kebutuhan organisasi agar tugas dan peranan TNI-AL khususnya Lantamal XII Pontianak dapat lebih optimal dalam menjaga keutuhan, kedaulatan NKRI," ungkapnya.

Menurut dia, keberadaan Yonmarhanlan XII Pontianak sangat dibutuhkan dalam menjaga pertahanan Pangkalan TNI-AL, serta melaksanakan tugas-tugas lain dalam rangka mendukung tugas Lantamal XII Pontianak.

"Secara geografis Kabupaten Mempawah yang terletak di Kalbar merupakan wilayah Indonesia yang sangat dekat dengan perbatasan Malaysia dan jalur ALKI II, sehingga rawan akan terjadinya tindakan pelanggaran dan ancaman kedaulatan bangsa Indonesia seperti halnya yang terjadi di perairan Natuna," ujarnya.

Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII Pontianak diharapkan dapat memberikan efek gentar dari segala bentuk gangguan dan ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI khususnya di wilayah Kalimantan Utara dan sekitarnya, katanya.

Yonmarhanlan XII Pontianak yang merupakan satuan pelaksana Pasmar II Jakarta yang secara pembinaan di bawah Korps Marinir dan secara operasional di bawah Lantamal XII Pontianak, dituntut untuk selalu memiliki kesiapsiagaan operasi yang tinggi, sehingga dapat melaksanakan tugas operasi yang diberikan oleh Lantamal XII Pontianak dengan sebaik-baiknya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, atas dukungannya sehingga terselenggara peresmian dan pengukuhan komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII Pontianak," kata Bambang.

Pewarta: Andilala
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017