Surabaya (ANTARA News) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Aparatur Sipil Negara di pemerintah kota setempat mengedepankan profesionalitas, bekerja lebih efektif dan memunculkan inovasi baru dalam pelayanan publik.

"Tantangannya kini semakin berat, karena itu kita harus bisa lebih profesional dan bisa (bekerja) lebih efektif," kata Tri Rismaharini saat memperingati Hari Ulang Tahun ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Selain itu, Risma juga menekankan agar ASN tidak mementingkan kepentingan pribadi, kelompok maupun organisasi sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

Wali kota juga mengimbau pegawai negeri di lingkungan Pemkot Surabaya untuk terus bekerja keras, meskipun ada banyak pihak yang telah memberikan apresiasi atas prestasi Pemkot Surabaya.

Namun meraih penghargaan bukanlah tujuan akhir. "Tujuan akhir bukanlah penghargaan. Tujuannya agar warga sejahtera. Sepanjang warga belum sejahtera, kita harus terus bekerja keras," katanya.

Tri Rismaharini menyampaikan pesan tertulis dari Presiden Joko Widodo di antaranya harapan HUT Korpri menjadi momentum untuk menjaga solidaritas, soliditas dan menjadi perekat kebhinekaan. Selain itu, aparatur sipil negara juga harus terus berinovasi untuk menciptakan pelayanan publik yang optimal.

Pada kesempatan tersebut, wali kota juga memberikan bantuan pendidikan Korpri dan juga bantuan sosial untuk korban kebakaran untuk Sukardi, staf Puskemas Jagir Dinas Kesehatan. Wali kota juga menyerahkan santunan kematian anggota keluarga (suami) dari Semiati, staf kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Pakal.

Seusai upacara, wali kota bersama organisasi perangkat daerah (OPD) menuju ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa untuk berziarah ke makam pahlawan. Seusai melakukan upacara penghormatan dan mengheningkan cipta, wali kota bersama Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya Hendro Gunawan dan kepala OPD, menabur bunga di atas makam pahlawan.

Hendro Gunawan yang juga Ketua Korpri Surabaya menyampaikan, ulang tahun Korpri yang ke-46 tahun ini menjadi momentum tepat untuk lebih meningkatkan kinerja.

"Harapannya di ulang tahun Korpri yang ke-46 tahun ini, Korpri akan semakin baik dengan mengutamakan solidaritas dan soliditas. Selama ini sudah baik, tapi akan terus kami tingkatkan, terutama kualitas SDM," ujarnya. 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017