Pencapaian 78 persen di November menurut saya oke"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun, memproyeksikan realisasi penerimaan pajak hingga akhir tahun dapat mencapai 90 persen dari target dalam APBN-P 2017.

"Sampai akhir tahun, kalau menurut saya mendekati 90 persen bisa dicapai," kata Misbakhun ditemui usai acara pelantikan eselon I di kompleks Kementerian Keuangan di Jakarta, Kamis malam.

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mencatat realisasi penerimaan pajak hingga akhir November 2017 sudah mencapai 78 persen atau sekitar Rp1.148 triliun dari target dalam APBN-P 2017 sebesar Rp1.472 triliun.

"Pencapaian 78 persen di November menurut saya oke," ucap Misbakhun.

Otoritas pajak akan terus berupaya mengawal penerimaan pajak hingga akhir tahun agar realisasi bisa mendekati target yang sudah ditetapkan.

Untuk realisasi per November, pencapaian pajak mencapai Rp114 triliun atau mendekati target bulanan yang ditetapkan sebesar Rp126 triliun.

Namun, penerimaan pajak penghasilan maupun pajak pertambahan nilai per akhir November 2017 belum mencakup penerimaan pajak dari Google yang baru disampaikan.

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan?DJP Yon Arsal mengatakan realisasi penerimaan 78 persen hingga akhir November 2017 lebih tinggi dari realisasi periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 71 persen.

Ia mengatakan upaya ekstra akan dilakukan untuk mendorong penerimaan pajak pada Desember, termasuk memanfaatkan tambahan dari pelaksanaan PP 36/2017 dan PMK 165.

Pewarta: Roberto Calvinantya Basuki
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017