Tahanan KPK Setya Novanto meninggalkan Gedung KPK usai menjalani pemeriksaan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR di Jakarta, Kamis (30/11/2017). Ketua DPR itu diperiksa MKD terkait dugaan pelanggaran etik. (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta (ANTARA News) - Kemarin, Kamis (30/11), Mahkamah Kehormatan Dewan memanggil Setya Novanto, yang masih menjabat sebagai Ketua DPR perihal dugaan pelanggaran kode etik.

Selain itu berita lainnya yakni musisi Ahmad Dhani dimintai keterangan di Polda Metro Jaya sebagai tersangka ujaran kebencian di media sosial, yang layak dibaca kembali hari ini dalam ringkasan lima berikut:




1. Bandara Lombok kembali ditutup

Bandara Internasional Lombok di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, kembali ditutup sementara pada Kamis karena terdampak letusan Gunung Agung di Bali.

Penutupan sementara operasi dilakukan pada Kamis pukul 10.37 WITA sampai dengan pukul 24.00 Wita atau Jumat (1/12) pukul 06.00 WITA.





2. Narogong berikan Setnov jam tangan Rp1,3 miliar

Pengusaha Andi Narogong mengaku memberikan jam tangan seharga Rp1,3 miliar kepada Setya Novanto yang saat ini menjadi tersangka dugaan korupsi pengadaan KTP-Elektronik (KTP-e).

"Saya berikan jam tangan Richard Mille, waktu itu saya membeli bersama Pak Johannes Marliem. Jadi Pak Marliem mengatakan maksudnya mau memperhatikan Pak Setya Novanto, sekitar tahun 2012 akhir," kata Andi Agustinus alias Andi Narogong dalam pemeriksaan terdakwa di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis.




3. MKD tanyai Setya Novanto soal penggeledahan, kecelakaan

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menanyai Ketua DPR Setya Novanto mengenai penggeledahan yang dilakukan tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumahnya sampai kronologis kecelakaan lalu lintas di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, saat melakukan pemeriksaan berkenaan dengan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Setya Novanto.

"Tadi dijelaskan mulai dari penggeledahan di rumahnya dan saat terjadi tabrakan. Kemudian dirawat di rumah sakit sampai yang tugas di DPR," kata Wakil Ketua MKD dari Fraksi Partai Hanura Syarifudin Suding, yang pada Kamis mendatangi gedung KPK di Jakarta untuk memeriksa Setya Novanto terkait pelanggaran kode etik.



Presiden Joko Widodo mengatakan memperingati Maulid Nabi mengingatkan pada misi kenabian yang diperintahkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW.




4. Presiden Jokowi : peringatan Maulud Nabi ingatkan misi kenabian

Presiden Joko Widodo mengatakan memperingati Maulid Nabi mengingatkan pada misi kenabian yang diperintahkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW.

Hal ini diungkapkan Presiden saat pidato peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis Malam.

"Misi kenabian yang pertama, tentu saja adalah mengajak umat manusia untuk bertaqwa kepada Allah, artinya kesalahan individual. Misi kenabian yang kedua adalah kesalehan sosial, yaitu membuktikan bahwa Islam adalah rahmatan lil alamin," kata Presiden.





5. Ahmad Dhani penuhi panggilan Polres Metro Jakarta Selatan

Musisi Ahmad Dhani memenuhi panggilan penyidik Polres Metro Jakarta Selatan untuk dimintai keterangan sebagai tersangka dugaan ujaran kebencian melalui media sosial.

"Kami akan ikuti aturan yang berlaku," kata pengacara Ali Lubis yang mendampingi Ahmad Dhani di Markas Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis.






Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017