Jakarta (ANTARA News) - Klub ibu kota Italia, AS Roma, mengalahkan tim promosi Spal 2013 yang bermain dengan 10 orang pemain sejak awal-awal laga dengan skor 3-1 pada pertandingan Liga Italia pekan ke-15 di Stadion Olimpico, Jumat malam atau Sabtu dini hari waktu Indonesia.

Spal terpaksa bermain dengan 10 orang sejak menit ke-10 setelah pemain bertahan Dias Felipe menarik Edin Dzeko yang memiliki peluang mencetak gol saat berlari sendirian di dekat area kotak penalti.

Wasit yang memimpin laga, Rosario Abisso, mengusir pemain itu setelah melihat tayangan ulang video yang menunjukkan Felipe menarik Dzeko menggunakan tangan kanannya.

Keunggulan jumlah pemain sejak awal-awal laga kemudian dimaksimalkan pasukan Eusebio Di Francesco untuk menguasai pertandingan dan menciptakan sederet peluang dari sepakan Aleksandar Kolarov,  Stephan El Shaarawy dan Cengiz Under.

AS Roma memimpin 1-0 melalui sepakan kaki kiri Edin Dzeko yang dilepaskan dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan terobosan dari Stephan El Shaarawy pada menit 19.

Spal kemudian menarik keluar penyerang Federico Bonazzoli kemudian memasukkan gelandang bertahan Luca Mora untuk memberikan keseimbangan tim setelah Felipe dikartu merah.

Namun AS Roma tetap mendominasi babak pertama serangan-serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Lorenzo Pellegrini, Dzeko, Manolas dan sepakan Alessandro Florenzi.

Tim berjuluk Serigala Roma itu menggandakan keunggulannya pada menit 32 berkat sepakan kaki kiri Kevin Strootman yang menyambar bola kiriman dari Stephan El Shaarawy. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Lorenzo Pellegrini menambah gol AS Roma menjadi 3-0 setelah menyambut umpan silang tajam dari Aleksandar Kolarov yang dilepaskan dari sayap kiri. Gol itu merupakan yang pertama bagi Pellegrini untuk Giallorossi.

Kendati demikian, Spal mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1 dari eksekusi penalti Federico Viviani menyusul pelanggaran Kostas Manolas yang menjatuhkan Mora pada menit 54.

Pada awalnya, sepakan Viviano mampu dihentikan kiper Roma, Alisson, namun bola tersebut terlepas dan ke lapangan kemudian ditendang kembali oleh Viviano untuk menjadi gol.

Setelah gol itu Roma tetap menguasai jalannya laga dan terus menciptakan peluang dari sepakan Alessandro Florenzi, Edin Dzeko dan El Shaarawy, namun skor 3-1 untuk kemenangan Roma bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini menjaga posisi Roma di peringkat empat klasemen sementara dengan 34 poin, unggul lima angka dari Lazio di posisi lima. Sedangkan Spal di posisi 18 dengan 10 poin, demikian Football Italia.

Susunan pemain:

Roma:
Alisson; Florenzi, Juan Jesus, Manolas, Kolarov (Emerson Palmieri 74); Strootman, Gonalons (Gerson 60), Pellegrini; Under (Schick 64), Dzeko, El Shaarawy.

Spal: Gomis; Cremonesi, Vicari, Felipe; Lazzari, Grassi (Schiavon 69), Viviani, Rizzo, Mattiello; Paloschi (Borriello 78), Bonazzoli (Mora 20).


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017