Soegeng Rahardjo akhiri tugas sebagai Dubes RI di China

Soegeng Rahardjo akhiri tugas sebagai Dubes RI di China

Duta Besar RI untuk Cina Soegeng Rahardjo (ANTARA /M.Irfan Ilmie)

Beijing (ANTARA News) - Soegeng Rahardjo mengakhiri tugasnya sebagai Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia yang berkedudukan di Beijing per 1 Desember 2017.

Selanjutnya Wakil Dubes Listyowati ditunjuk sebagai Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) di KBRI Beijing hingga dilantiknya duta besar baru yang bertugas secara definitif.

"Saat ini untuk dubes baru masih diproses di Jakarta. Biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan," kata Wakil Dubes Listyowati di Beijing, Sabtu.

Selain mendapatkan persetujuan dari DPR atas usulan Presiden Joko Widodo, calon dubes juga harus mendapatkan persetujuan dari negara yang bakal menerimanya.

Sebelumnya kepada para staf KBRI Beijing dan masyarakat Indonesia di China, Soegeng mengucapkan terima kasih atas dukungan mereka selama tiga tahun dan 10 bulan menjalankan tugas sebagai Dubes RI untuk China merangkap Mongolia.

Sebelum menjadi Dubes RI untuk China merangkap Mongolia, Soegeng menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Luar Negeri dan Dubes RI untuk Afrika Selatan.

Sepulang dari Beijing, Soegeng yang kini berusia 63 tahun itu langsung pensiun dari Kementerian Luar Negeri dengan masa pengabdian selama 41 tahun.

Nama Djauhari Oratmangun, staf khusus Menlu Retno LP Marsudi dan mantan Dubes RI untuk Rusia, disebut-sebut bakal menggantikan Soegeng.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Dubes RI untuk Republik Rakyat Tiongkok : Selamat Ulang Tahun ANTARA

Komentar