Jakarta (ANTARA News) - Boyband K-Pop sensasional BTS memenangkan kategori Artist of the Year dalam penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2017. Ini kali kedua BTS memenangkan kategori tersebut.

BTS diumumkan sebagai pemenang penghargaan yang sangat didambakan itu pada Jumat malam (1/12) dalam AsiaWorld-Expo, Hong Kong, tempat digelarnya acara puncak MAMA tahun ini.

MAMA adalah acara penghargaan K-Pop yang diselenggarakan oleh jaringan musik kabel Mnet. Boyband yang beranggotakan tujuah anak muda ini juga memenangkan Artist of the Year pada MAMA 2016.

BTS merajai musik K-Pop setelah album terbarunya "Love Yourself: Her" yang dirilis pada September terjual lebih dari 1,2 juta kopi dalam waktu kurang dari sebulan.

Lagu andalannya "DNA" membuat BTS menjadi boyband Korea pertama yang berada pada tangga lagu "Hot 100" Billboard. BTS juga menjadi artis Korea pertama yang tampil pada American Music Awards yang digelar bulan lalu.

"Kami mencintaimu ARMY Kami diterima dengan baik di mana pun kami berkeliling dunia, dan banyak yang penasaran dengan fandom yang luar biasa ini," kata RM, leader BTS, mengacu pada penggemar globalnya yang dikenal dengan nama ARMY, dikutip dari kantor berita Yonhap.

BTS juga meraih Best Music Video Award untuk "Spring Day" dan Best Asian Style dalam penghargaan tersebut.

Sementara itu, saingannya, EXO, memenangkan Album of the Year untuk album "The War." EXO telah mendominasi kategori tersebut selama lima tahun berturut-turut sejak 2013.

Sedangkan boyband Wanna One membawa pulang penghargaan Best Male Group berkat debutnya yang meledak tahun ini.

"Kami bahkan bersyukur bisa tampil di panggung besar seperti MAMA. Kami bersyukur bisa memenangkan penghargaan besar seperti ini," kata rapper Wanna One Kang Daniel.

Penghargaan Best Female Group jatuh kepada kuartet dari S.M. Entertainment Red Velvet, sementara GOT7 menyabet penghargaan World Performer.

Taemin SHINee memenangkan Best Dance Performance Solo untuk album solo keduanya "Move" dan duo pop indie perempuan Bolbbalgan4 memenangkan Best Vocal Performance Group.

Diluncurkan pada 1999 dengan nama Mnet KM Music Festival, acara tersebut berganti nama menjadi MAMA pada 2009 karena acara tersebut memperluas jangkauannya ke seluruh Asia.

MAMA tahun ini diadakan di tiga tempat, dengan acara pembukaan diadakan di Hanoi, Vietnam, pada Sabtu lalu (25/11), kemudian di Yohohama, Jepang, pada Rabu (29/11), dan puncaknya di Hong Kong, Jumat malam (1/12).







Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017