Meulaboh, Aceh, (ANTARA News) - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) "Teluk Sinabang" mulai beroperasi dari Sinabang, Kabupaten Simeulue, tujuan daratan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, menyusul kondusifnya cuaca wilayah perairan setempat.

Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Feri (ASDP) Persero Perwakilan Meulaboh, Desrizal di Meulaboh, Minggu mengatakan, kapal feri kembali berlayar setelah menerima informasi kondusifnya cuaca di perairan Samudera Hindia.

"KMP Teluk Sinabang diberangkatkan Sabtu (2/12) malam pukul 20.00 WIB, seharusnya itu adalah jadwalnya ke Meulaboh, tapi dialihkan keberangkatannya dari Simeulue ke Labuhan Haji mengingat belum kondusif cuaca di teluk Pelabuhan Meulaboh," katanya.

Berangkatnya kapal dinahkodai kapten kapal Winbrio tersebut setelah cuaca kondusif, kemudian terjadi penumpukan kendaraan dan calon pengguna jasa di Sinabang, sebab sudah beberapa kali jadwal keberangkatan antar lintasan tertunda akibat cuaca ekstrem.

Malahan, pada Kamis (30/11) malam, KMP Teluk Sinabang yang sudah berangkat 1,5 jam dari Sinabang tujuan Meulaboh, terpaksa berbalik arah karena dihadang gelombang ketinggian 4,5 meter, sehingga kapal feri berbalik arah dan kembali ke Sinabang.

Penumpang dan kendaraan diturunkan, termasuk empat unit mobil ambulan membawa pasien ke rumah sakit Banda Aceh. Pihak PT ASDP menggantikan tiket calon pengguna jasa dan calon penumpang dan kendaraan baru diangkut Sabtu malam.

Selanjutnya operasional kapal feri dari Simeulue tujuan Meulaboh disesuaikan dengan cuaca, jika membaik jadwal KMP Teluk Sinabang diberangkatkan tujuan dermaga pelabuhan Meulaboh pada Senin (4/12).

Apabila kondisi bersahabat, KMP Teluk Sinabang kembali berlayar dari Labuhan Haji tujuan Sinabang, Minggu sore, dengan perkiraan tiba di daratan Kabupaten Simeulue, Senin pagi, kemudian kapal feri pukul 18.00 WIB berangkat dengan tujuan Meulaboh.

Sementara itu informasi yang dihimpun di lapangan, kendaraan roda empat, roda dua maupun calon penguna jasa yang sebelumnya rencana menyeberang ke Simeulue lewat pelabuhan Meulaboh pada Minggu, berangkat menuju Labuhan Haji, Aceh Selatan.

"Harapan kita ke depan dan seterusnya cuaca kembali normal dan angkutan pelayaran antar lintasan dari daratan Aceh Barat, Aceh Selatan maupun Aceh Singkil tujuan Simeulue dan sebaliknya, berjalan kembali sesuai jadwal," katanya menambahkan.

Pewarta: Anwar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017