Manokwari (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Papua Barat akan menampilkan beberapa tarian etnik pada pameran budaya yang digelar di Jepang pada April 2018.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Biro Humas dan Protokoler Setda Papua Barat Penina Maabuat di Manokwari, Minggu mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya mengikuti kegiatan Sinergis Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SIAK) tingkat nasional 2017 di Palembang, Sumatera Selatan.

Pada kegiatan pameran itu, kata dia, Papua Barat menampilkan produk unggulan, foto potensi pariwisata, budaya serta pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di daerah tersebut.

"Tentunya visi dan misi gubernur-wakil gubernur juga kita tampilkan di sana,"ujar Penina.

Anjungan pameran Papua Barat cukup menyita perhatian pengunjung, termasuk peserta dari daerah lain. Sejumlah menteri pun singgah melihat produk unggulan yang ditampilkan pada kegiatan itu.

Pada event tersebut, lanjut Penina, Kontingen Papua Barat juga membawa grup tari Iriantos. Penampilan mereka memukau pengunjung.

Papua Barat memperoleh juara pertama pada kategori Peran Wanita Terbaik.

"Dari penampilan kita pada SIAK ini, Papua Barat diundang untuk mewakili Indonesia pada event serupa di Jepang," sebutnya.

Ia menyebutkan, persiapan segera dilakukan. Pihaknya mengupayakan tampil dengan performa terbaik, mengingat momentum tersebut bisa menjadi event promosi pariwisata daerah.

`"Kami berencana membawa dua tarian etnik dari Pegunungan Arfak dan akan lakukan seleksi. Yang terbaik akan kita bawa ke Jepang," imbuhnya.

Selain tarian etnik, pihaknya memamerkan audio maupun gambar obyek pariwisata Papua Barat pada kegiatan tersebut.

Pewarta: Toyiban
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017