Sydney (ANTARA News) -  Aktor peraih Oscar, Russell Crowe dan Barnaby Joyce, wakil perdana menteri Australia, yang hampir menjatuhkan pemerintah, adalah sebagian dari pemilik kewarganegaraan ganda.

Mereka dapat menyebut diri sebagai Kwaussie, istilah portmanteau, atau gabungan dari dua kata, yang mengacu pada orang Australia dan Selandia Baru dan dijuluki sebagai istilah terpopuler Australia pada tahun ini, Senin.

Istilah tersebut bermakna seseorang kiwi, atau warga negara Selandia Baru, dan seorang Aussie, atau warga negara Australia.

Peneliti mengatakan bahwa Crowe, bintang film Gladiator dan Les Miserables, adalah salah satu dari Kwaussie asli. Crowe tinggal di Australia, namun terlahir di Laut Tasman di Selandia Baru.

"Kami dapat melacaknya kembali untuk mencetaknya di surat kabar Wellington pada 2002, mengacu pada Russell Crowe," kata Amanda Laugesen, direktur Pusat Kamus Nasional.

"Sejak kami mengeluarkan istilah terpopuler tahun ini, kami mendapat beberapa saran dari beberapa orang yang mengetahuinya pada 1970-an," katanya kepada Australian Broadcasting Corporation.

Istilah tersebut menarik perhatian pada tahun ini selama krisis kewarganegaraan yang memaksa sembilan anggota parlemen keluar dari parlemen Australia, meskipun istilah tersebut memiliki sejarah yang lebih panjang.

Istilah tersebut hampir tidak pernah digunakan hingga Joyce menemukan, dia adalah seorang Selandia Baru dan oleh karenanya tidak memenuhi syarat berada parlemen, karena konstitusi Australia yang berusia 116 tahun melarang pemilik kewarganegaraan ganda memegang jabatan nasional.

Konstitusi tersebut bertujuan untuk mencegah anggota parlemen membagi kesetiaan negara.

Krisis tersebut dapat bergejolak lebih luas lagi, dengan tenggat waktu bagi politisi untuk membuktikan status kewarganegaraan mereka yang ditetapkan pada Selasa.

"Kwaussie" menjadi istilah terpopuler tahun ini dari pesaing lainnya seperti jumper punch - istilah sepak bola Australia yang mengacu pada kepalan tangan ilegal dan secara licik ke wajah - serta WAxit, yang rujukan gaya Brexit kepada negara bagian Australia Barat.

Yang juga terpilih dalam daftar terpopuler adalah makarrata, istilah dalam bahasa Aborigin Yolngu, yang berarti perjanjian perdamaian. Istilah tersebut digunakan pemimpin adat pada Mei dalam permintaan kesepakatan hukum pemerintah dengan penduduk asli Australia, Aborigin.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017