Banjarmasin (ANTARA News) - Pemerintah Kota Banjarmasin membeli dua unit mobil penyapu jalan yang diklaim cukup canggih dengan harga Rp3 miliar per unit.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin Mukhyar saat menyambut datangnya dua mobil penyapu jalan tersebut di halaman Balaikota, Senin, mengungkapkan, mobil penyapu jalan yang dibeli ini sekalian bisa menyedot sampah debu dan kerikil yang dilaluinya.

"Bahkan sampah yang diselokan pun dapat disedotnya, jadi ini mobil dirancang memang cukup canggih dengan sistem digital," ujarnya.

Dikatakan dia, pengadaan dua unit mobil penyapu jalan berbadan truk merek Hino tersebut dianggarkan pada APBD perubahan 2017 sekitar Rp6 miliar.

"Pembelian mobil pembersih jalan ini atas saran wali kota dan wakil wali kota untuk mendukung visi dan misi `Banjarmasin Baiman` (barasih wan nyaman)," tutur Mukhyar.

Lagian, sambung dia, keberadaan mobil penyapu jalan ini sangat dibutuhkan saat ini, untuk mendukung kota ini selalu bersih karena sudah meraih tiga penghargaan Adipura Kirana pada 2015, 2016 dan 2017.

"Kota kita masuk terlambat memiliki mobil jenis ini, sebab kota-kota lain apalagi di pulau Jawa itu sudah lama punya," kata dia.

Menurut dia, mobil penyapu jalan ini akan dioperasikan di jalan-jalan protokol, utamanya di Jalan A Yani dan Lambung Mangkurat.

"Bahkan bisa juga dioperasikan untuk membersihkan sampah misalnya habis ada acara besar, sebab ada dilengkapi juga dengan pipa penyedot sampah pelastik dan kertas," terangnya.

Dia berharap, dua unit mobil penyapu jalan ini akan sangat bermanfaat, di mana jalan-jalan di kota ini akan terlihat bersih dari kotoran-kotoran debu maupun bekas-bekas sampah pelastik lainnya, bahkan hingga kesaluran airnya.

Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah yang menyaksikan kedatangan dua unit mobil penyapu jalan ini menyatakan agar aset daerah ini bisa dirawat dan dikelola dengan sebaik-baiknya, hingga dapat bertahan selama mungkin.

Menurut dia, dengan adanya dua unit mobil penyapu jalan ini langkah Kota Banjarmasin untuk meraih Adipura Kencana bisa terwujud sebelum pemerintahan mereka berakhir hingga 2021.

"Kita harap masyarakat juga mendukung kota kita ini 'barasih wan nyaman', baik bersih jalanan, selokan, halaman, juga sungai, artinya tidak membuang sampah sembarangan lagi, meskipun sampah kecil," tegasnya.

Bagi dia, mobil pembersih jalanan ini sangat dibutuhkan Kota Banjarmasin, sehingga jalan-jalan bisa berkurang polusi debunya, hingga kesehatan pengguna jalan dapat dijaga.

Pewarta: Sukarli
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017