Karawang (ANTARA News) - Seorang warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berusia 33 tahun menderita penyakit obesitas atau mengalami kenaikan berat badan tiga kali lipat hingga mencapai 310 kilogram.

Yudi Hermanto, seorang warga Desa Sirnabaya, Kecamatan Telukjambe Timur, di Karawang, Senin, mengaku berat badannya naik tiga kali lipat selama setahun terakhir.

"Pada awalnya, berat badan saya mencapai 110 kilogram. Sekarang naik menjadi 310 kilogram," katanya.

Ia kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang. Tapi perawatan itu sempat terganggu karena faktor ekonomi, dan kini biaya perawatannya ditanggung pemerintah kabupaten setempat.

"Saya baru tahu kalau berat badan saya sedemikian berat. Timbangan di rumah sudah tidak bisa digunakan lagi untuk menimbang saya," katanya.

Menurut dia, penyakit obesitas mulai dirasakan mengganggu sejak setahun terakhir. Saat itu dirinya bekerja di perusahaan katering, dan selalu memakan kelebihan makanan pesanan pelanggan. Sejak saat itu dirinya merasakan tubuhnya semakin tambun.

"Saya memang bakat gemuk, tapi tidak seperti ini, berat saya waktu itu cuma 110 kilogram itu sudah paling berat. Tapi sekarang malah terus bertambah dengan cepat," kata dia.

Sementara itu, kasus obesitas juga sebelumnya muncul di Karawang pada 2016. Arya Permana, bocah berusia 10 tahun di Kampung Pasir Pining, Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, pada saat itu mengalami berat hingga 190 kilogram.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017