New York (ANTARA News) - Bursa saham Wall Street berakhir beragam pada Senin (Selasa pagi WIB), dengan indeks Dow Jones Industrial Average mencatat rekor tertinggi, setelah Senat AS menyetujui rancangan undang-undang pajak selama akhir pekan lalu.

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 58,46 poin atau 0,24 persen menjadi ditutup di 24.290,05 poin. Indeks S&P 500 kehilangan 3,18 poin atau 0,12 persen menjadi berakhir di 2.639,04 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup turun 72,22 poin atau 1,05 persen menjadi 6.775,37 poin.

Senat AS pada Sabtu (2/12) dengan suara tipis meloloskan rancangan undang-undang dari Partai Republik untuk merombak kode pajak dalam beberapa dasawarsa, bergerak selangkah lebih dekat ke kemenangan legislatif besar pertama pemerintahan Trump dan anggota Kongres Partai Republik.

Dewan Perwakilan Rakyat AS mengeluarkan rancangan undang-undang perpajakan versinya sendiri pada bulan lalu, yang mengandung perbedaan signifikan dari versi Senat. Partai Republik berencana mengadakan konferensi dalam beberapa minggu ke depan untuk menyesuaikan versi DPR dan Senat.

Perombakan kode pajak merupakan prioritas utama Partai Republik dan mereka berharap bisa mengirimkan rancangan undang-undang akhir kepada Presiden Donald Trump sebelum Natal.

Para analis mengatakan sentimen pasar secara keseluruhan didorong oleh prospek rancangan undang-undang pajak dan investor akan mengamati kemajuan rancangan undang-undang bersama antara DPR dan Senat akhir pekan ini.

Dalam berita perusahaan, CVS Health Corporation dan Aetna Inc. pada Minggu (3/12) mengumumkan pelaksanaan perjanjian merger definitif, dimana CVS Health akan mengakuisisi seluruh saham Aetna yang beredar total senilai 69 miliar dolar AS dalam bentuk tunai dan saham, demikian Xinhua.

(UU.A026)

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017