Ribuan warga mengungsi akibat kebakaran hutan di Los Angeles

Ribuan warga mengungsi akibat kebakaran hutan di Los Angeles

Dokumentasi Sebuah pesawat memadamkan kebakaran di Gunung Wilson, Taman Nasional Angeles, di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Selasa (17/10/2017). (REUTERS/Mario Anzuoni)

Ventura Country, California (ANTARA News) - Kebakaran hutan yang meluas dengan cepat pada Selasa di kaki perbukitan daerah utara negara bagian Los Angeles, Amerika Serikat, mengancam ribuan rumah sehingga memaksa ribuan warga mengungsi.

Kebakaran hutan tersebut juga memakan korban satu nyawa dan memadamkan listrik di area yang sama, demikian keterangan sejumlah petugas setempat, lapor Reuters.

Sekitar 7.700 rumah tangga di daerah setara kabupaten, Ventura Country, yang terletak sekitar 115 km barat laut Los Angles, mendapat instruksi untuk mengungsi setelah api yang telah meluas sampai 25.000 hektar, dikenal dengan nama Api Thomas, membakar hutan semak kering pada Senin malam, demikian petugas Ventura County menerangkan dalam akun Twitter mereka.

Satu orang penunggang sepeda motor tewas akibat kebakaran tersebut, demikian berita dari stasiun televisi lokal. Sementara itu lebih dari 250.000 rumah harus bertahan tanpa pasokan listrik dan dua gardu listrik hancur.

"Kami mengungsikan anak-anak terlebih dahulu," kata seorang warga di Los Angeles, Melissa Grande kepada stasiun televisi ABC 7.

"Kebakaran ini sangat menakutkan, saya tidak menyangka bisa mengalami ini, namun sekarang saya mulai khawatir," kata dia.

Sekitar 500 petugas pemadam kebakaran kini sudah dikerahkan untuk memadamkan api yang menghancurkan gardu listrik..

Angin kuat yang bertiup dari timur membuat api menjalar ke kota-kota di daerah Santa Paula dan Ventura, di mana sekitar 140.000 warga tinggal.

"Kami sekarang hanya bisa berupaya menghentikan penyebaran api di ujungnya," kata petugas pemadam kebakaran Ventura, Jason Hodge, kepada Los Angeles Times.

Kebakaran itu diperparah oleh angin kencang berkecepatan 115 km per jam yang diperkirakan akan terus bertiup di daerah yang sama akibat kelembapan rendah sepanjang pekan ini, demikian perkiraan Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat.

Sebuah sekolah lokal, Thomas Aquinas College, telah mengevakuasi 390 siswa mereka.

Pewarta: GM Nur Lintang Muhammad
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar