Wabah bakteri listeria tewaskan 36 orang di Afrika Selatan

Wabah bakteri listeria tewaskan 36 orang di Afrika Selatan

Ilustrasi (REUTERS/Aly Song)

Johannesburg (ANTARA News) - Wabah bakteri listeria yang ditularkan melalui makanan telah menewaskan 36 orang dan menginfeksi hampir 600 orang di Afrika Selatan, kata menteri kesehatan pada Selasa (5/12), sembari memperingatkan bahwa bayi dan orang tua sangat rentan terhadap wabah itu.

Listeriosis adalah penyakit -- yang dapat dicegah -- yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes dan biasanya dapat ditularkan melalui makanan terkontaminasi serta mudah diobati dengan antibiotik.

Sebanyak 557 kasus telah dikonfirmasi sejauh ini, menurut Menteri Kesehatan Aaron Motsoaledi.

"Bakteri ini tersebar luas di alam dan dapat ditemukan di tanah, air dan vegetasi," katanya pada sebuah pengarahan media di Pretoria, sebagaimana dilaporkan AFP.

"Dari sumber-sumber ini, bahan makanan dapat terkontaminasi dan menyebabkan penyakit: daging dan seluruh produk hewani, buah-buahan dan sayuran."

Kontaminasi terhadap manusia bisa mengakibatkan penyakit seperti flu, infeksi pada aliran darah dan, pada kasus yang parah, infeksi otak yang bisa berakibat fatal, tambahnya.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti beberapa pengidap AIDS dan perempuan hamil, juga berisiko tinggi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam sebuah cuitan, Kementerian Kesehatan mendesak warga Afrika Selatan untuk menggunakan persediaan air yang aman, memastikan agar sering mencuci tangan dan memisahkan makanan mentah dari makanan yang sudah dimasak. (hs)


Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar