Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah topik pemberitaan kemarin masih layak dibahas hari ini, mulai dari politisi PKS Yudi Widiana Adia yang menerima uang dalam proyek pembangunan jalan di Maluku hingga kenaikan tarif lima ruas tol yang dikelola Jasa Marga mulai 8 Desember 2017.

Jaksa ungkap politikus PKS minta uang, berikut kutipan percakapannya

Jaksa penuntut umum (JPU) KPK mengungkapkan pembicaraan antara anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Yudi Widiana Adia dan rekannya, bekas staf honorer Fraksi PKS Muhammad Kurniawan Eka Nugraha.

Dalam perkara ini Yudi didakwa menerima Rp6,5 miliar dan 354.300 dolar AS (sekitar Rp4,6 miliar) atau totalnya sekitar Rp11,1 miliar dari Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa So Kok Seng alias Aseng terkait "program aspirasi" milik Yudi untuk pembangunan jalan dan jembatan di Maluku dan Maluku Utara dalam anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2016.

Berikut kutipan percakapannya:

"Semalam sudah liqo dengan asp ya," kata Kurniawan dalam SMS kepada Yudi.

"Naam, brp juz?" tanya Yudi.

"Sekitar 4 juz lebih campuran," jawab Kurniawan.

KPK limpahkan berkas Setya Novanto ke pengadilan


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas dakwaan terhadap Setya Novanto dalam perkara korupsi dalam pengadaan KTP-Elektronik ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Rabu.

Berkas dakwaan dan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) itu ada di dalam enam buku yang dibawa oleh Jaksa Penuntut Umum KPK ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada pukul 15.50 WIB.


Hadi Tjahjanto paparkan lima ancaman pertahanan nasional ke DPR

Calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memaparkan lima konstelasi global yang berpotensi menjadi ancaman pertahanan dan keamanan nasional dalam uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh DPR pada Rabu.

"Pertama, tatanan dunia baru, seiring melemahnya hegemoni kekuatan super sebagai akibat pengaruh kekuatan-kekuatan ekonomi baru seperti China, Rusia, India, dan Brasil," kata Marsekal Hadi dalam uji kelayakan dan kepatutan di Ruang Rapat Komisi I DPR di kompleks parlemen, Jakarta.

Dia menjelaskan implikasi tatanan dunia baru yang dia sebut "unimultipolar" pada pergeseran kekuasaan, serta bagaimana aliansi bisa melintas ideologi karena kepentingan telah menjadi keutamaan.

Sponsor swasta akan kucurkan 57 juta dolar AS untuk Asian Games

Sembilan perusahaan swasta berkomitmen mengucurkan dana 57 juta dolar AS atau sekitar Rp770 miliar untuk mensponsori perhelatan olahraga Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Perusahaan yang menyampaikan komitmen pendanaan Asian Games 2018 meliputi Grab Indonesia, PT Astra Internasional, PT Amerta Otsuka Indah, SsangYong Information Communication, PT Indofood Sukses Makmur, Aqua, Samsung Indonesia, PT Sinarmas APP dan Alfamart.

Perwakilan sembilan perusahan swasta itu menandatangani komitmen pendanaan itu dengan Ketua INASGOC Erick Thohir disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu.

Presiden: perlu satgas untuk mengawal investasi masuk

Presiden Joko Widodo mengatakan perlu adanya satuan tugas atau task force  yang mengawal setiap investasi yang masuk ke Indonesia.

"Sesuai yang disampaikan Pak Menko Perekonomian, nanti Januari atau Februari maksimal kita akan memiliki single submission. Ini saya kira harus menjadi target untuk betul-betul ada satuan tugas, task force, yang mengawal setiap investasi yang masuk ke negara kita," kata Presiden saat memimpin sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Rabu.

Presiden berharap pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan sebesar 5,4 persen untuk 2018 bisa tercapai.

Tarif lima ruas tol Jasa Marga naik

PT Jasa Marga Tbk mengumumkan kenaikan tarif lima ruas tol yang dikelola BUMN Tol itu mulai 8 Desember 2017 pukul 00.00 WIB dengan besaran kenaikan antara 6,7 sampai 10 persen.

"Kenaikan tarif lima ruas ini sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 38 tahun 2004 Pasal 48 ayat 3 tentang Jalan Tol," kata Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga Tbk, Agus Setiawan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Kelima ruas yang mengalami kenaikan antara lain, ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit atau yang dikenal Tol Dalam Kota Jakarta.

Harga mobil pedesaan besutan Kemenperin di bawah Rp80 juta

Kementerian Perindustrian tengah mengembangkan kendaraan pedesaan bersama enam kementerian dan beberapa lembaga terkait lainnya.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin Gati Wibawaningsih menyampaikan bahwa harga mobil pedesaan tersebut nantinya akan dijual pada kisaran harga Rp60-80 juta per unit.

“Kami upayakan harga yang bisa masuk ke pasar. Harga belum tahu memang, ini bahan baku juga masih banyak yang impor. Jadi masih fluktuatif. Tapi pasti di antara Rp60-80 juta,” ujar Gati di Jakarta, Rabu.


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017