Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menginginkan kawasan Utara Jakarta itu menjadi wilayah pantai yang bisa dirasakan warga. "Jadi kita akan menata kawasan Utara Jakarta, kemudian proses penataan itu konsern kita untuk membuat sebuah assessment atas kebutuhan Jakarta hari ini dan masa depan," kata dia.

"Dengan harapan warga Jakarta merasa tinggal di pesisir, merasa tinggal di tepi pantai. Hari ini kita sering kali, tidak menyadari karena begitu jauhnya kita dari pantai, bukan secara fisik kita jauh tapi secara kegiatan, secara pola pikir itu jauh dari laut," kata Baswedan, di Jakarta, Kamis.

Menata pantai utara Jakarta, katanya, jangan menata dengan pertimbangan dengan menggunakan profil Jakarta masa lalu tapi profil Jakarta ke masa depan.

"Masa lalu itu artinya kita harus memperhatikan faktor sosial ekonomi, faktor geopolitik, faktor lingkungan hidup. Karena itulah ada tim, tim inilah yang akan membuat kajian perencanaan, pengkajian dengan semua pihak yang terkait," kata dia.

Lalu dari tim pengkajian inilah, baru nanti disusun rancangan yang sesuai dengan kebutuhan Jakarta ke depan.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017