Wapres Kalla lihat venue Asian Games di Palembang

Wapres Kalla lihat venue Asian Games di Palembang

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (tengah) didampingi Menteri PU PR Basuki Hadi Mulyono (keempat kiri), Managing Director Sinar Mas Saleh Husin (ketiga kanan), Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Muddai Madang (kedua kanan) meninjau arena Boling Centre di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (7/12/2017). Pembangunan arena boling yang menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) APP Sinar Mas dengan total dana lebih dari 26 Miliar tersebut saat ini telah mencapai 99,2 persen. (ANTARA /Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kamis, meninjau sejumlah venue dan fasilitas untuk perhelatan pesta olah raga negara-negara Asia, Asian Games 2018, yang berada di Kompleks Olah Raga Jaka Baring, Palembang.

Wapres meninjau delapan fasilitas dan venue yang kini pembangunan dan renovasinya tengah dalam penyelesaian. Ia didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M Basuki Hadimoeljono dan juga Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Wapres mengawali dengan meninjau venue untuk olah raga bowling. Di tempat ini, pekerjaan di dalam venue tersebut sudah hampir selesai.

Sekitar lebih dari 90 persen telah dikerjakan. Sejumlah tukang juga nampak terus bekerja untuk menyelesaikan hal itu. Jalan masuk ke venue juga masih tanah sehingga becek ketika hujan.

Tempat untuk pertandingan bowling akan selesai pada 18 Desember dan Januari 2018 sudah dapat digunakan.

Di venue tersebut Wapres juga menandatangani empat bola bowling.

Untuk fasilitas rumah susun, tampak bangunan yang telah menjulang tinggi. Rencananya sekitar 3.000 atlet akan ditempatkan di sini.

Fasilitas venue untuk olah raga voli pantai juga tampak sudah selesai. Venue untuk voli pantai meski bukan tepat berada di pantai namun hamparan pasir putih telah menghiasi arena tersebut.

Untuk venue olah raga dayung sudah sembilan puluh persen lebih telah selesai, meskipun sejumlah penyelesaian akhir seperi untuk lanscape.

Untuk olah raga tersebut, venue itu telah digunakan untuk pertandingan uji coba (test event) menuju Asian Gamea 2018 yang digelar 8-10 Desember 2017. Pertandingan tersebut sebagai pemanasan sekaligus mengetes sebelum Asian Games.

Wapres dalam kesempatan itu juga menyapa para atlet dayung Indonesia yang tengah berlangsung.

"Uang makan lancar? Uang saku lancar," tanya JK saat bertegur sapa.

"Alhamdulillah Pak," kata para atlet.

Dalam kesempatan tersebut, para atlet juga menyampaikan tekadnya untuk dapat meraih emas dalam ajang bergengsi tingkat Asia tersebut.

Lapangan tembak juga pengerjaannya sudah hampir selesai. Begitu pula venue cabang sepak takraw. Fasilitas pengolahan air minum tampak sudah selesai. Wapres juga menyempatkan diri meminum air dari kran yang bisa langsung diminum di tempat tersebut.

Wapres mengakhiri peninjauan dengan mengunjungi Stadion Sepak Bola Jakabaring. Dalam pernyataannya kepada pers usai peninjauan tersebut, Wapres optimistis bahwa Asian Games akan terselenggara dengan sukses.

"Saya kira selesai pada waktunya, ada yang Desember, ada yang Januari, tadi dijelaskan bahwa sebagian besar itu Desember ini bisa selesai. Optimistis dengan kemajuan ini," katanya.

Wapres menambahkan dari tiga belas cabang olah raga yang akan dipertandingkan di Palembang, sebagian besar hampir selesai dan sesuai jadwal.

"Memang ada satu gedung stadion Bukit Asam karena kontraktornya berubah maka lamban mulai tapi kontraktor baru yakin akan selesai dalam waktu enam bulan. Optimis melihat kemajuan yang ada dan sejumlah tes even yang dilakukan semua memenuhi syarat, malah tadi Ketua dari rowing internasional menganggap ini salah satu terbaik di dunia," kata Wapres.

Usai menyelesaikan peninjauan, Waprea kembali ke Jakarta sekitar pukul 17.20 WIB.

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar