Jakarta (ANTARA News) - Saat ini, Instagram Direct, layanan pesan instan dalam aplikasi Instagram, sedang diuji sebagai aplikasi mandiri, dan keluar dari aplikasi Instagram utama bagi mereka yang baru mengunduh aplikasi berbagi foto tersebut.

Dilansir dari laman Phone Arena, Instagram telah meluncurkan uji coba aplikasi Instagram Direct di enam negara yaitu Cile, Israel, Italia, Portugal, Turki dan Uruguay.

Aplikasi Instagram Direct diciptakan untuk membuat perpesanan menjadi lebih kaya. Perusahaan induk Instagram, Facebook, telah terbukti membuat aplikasi perpesanan menjadi sangat populer, seperti Facebook Messenger dan WhatsApp.

Fokus pada berbagi gambar, Instagram Direct langsung membuka kamera sehingga kegiatan berbagi foto bisa lebih mudah dari sebelumnya.

Dengan mengusap layar ke arah bawah, pengguna dapat melihat pesan mereka. Hal ini berkebalikan dengan Facebook Messenger di mana pengguna dapat mengakses kamera dengan mengusap layar dari atas ke bawah.

Sementara itu, dengan menggeser layar ke kanan, pengguna akan menemukan kotak masuk pesan. sedangkan dengan menggeser ke kiri akan membawa pengguna ke berbagai pengaturan aplikasi.

Aplikasi Instagram Direct juga akan hadir dengan empat filter baru yang dapat menyesor ucapan yang tidak diharapkan.

Menggunakan dua aplikasi untuk menikmati pengalaman Instagram secara penuh dinilai akan merepotkan pengguna. Untuk itu, Instagram membuatnya lebih mudah diakses bolak-balik.

Menggeser ke kanan pada layar kotak masuk pesan di aplikasi Instagram Direct akan membawa pengguna menuju aplikasi utama Instagram. Demikian pula, untuk menuju aplikasi Instagram Direct, pengguna hanya perlu menggeser ke Direct.

Sebagai informasi, saat Facebook memisahkan Messenger menjadi aplikasi mandiri, aplikasi tersebut hanya memiliki sekitar 500 juta pengguna aktif bulanan. Kini, Messenger memiliki lebih dari 1,3 miliar pengguna aktif bulanan.

Hingga April 2017, Instagram Direct, yang masih bergabung dengan aplikasi Instagram, dilaporkan memiliki sekitar 375 juta pengguna aktif bulanan.

Melihat kesuksesan Messenger, aplikasi Instagram Direct diharap dapat menikmati popularitas yang sama ketika nanti Instagram meluncurkan aplikasi tersebut ke seluruh dunia.




Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017