Kendari (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto akhirnya menuntaskan tes singkat mobil Super Formula di Sirkuit Suzuka, Jepang, 6-7 Desember 2017.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat, mengatakan, bahwa itu hanya tes saja dan berharap ada kelanjutan bagi Rio Haryanto untuk musim balap mendatang.

"Ini hanya tes dan semoga ada kelanjutannya," kata Indah Pennywati.

Surat elektronik dari Media Rio Haryanto yang diterima di Kendari, Jumat, menyebutkan, pada 6-7 Desember 2017, pebalap asal Solo, Jateng, tersebut diundang Honda untuk menambah pengalamannya dengan menjalani tes Super Formula di Sirkuit Suzuka, Jepang.

Di atas mobil khusus tes Dallara SF14 bermesin Honda HR-417E, Rio harus berbagi waktu sesi bersama satu pembalap lain untuk menjalankan berbagai program eksperimen.

Sayangnya, sesi tes perdana Rio berakhir 40 menit lebih awal dan tidak sempat mencatatkan waktu yang representatif di atas ban soft.

Setelah mengubah setelan ride height dengan ban medium, mobil melindas sebuah bump dan mengalami oversteer di tikungan Dunlop ke kiri yang menanjak dan kencang.

Rio mencoba mengoreksi oversteer  tersebut tapi kemudian mobil sudah berada di pinggir aspal hingga akhirnya terhenti di gravel.

Tes kali ini digelar dalam dua hari dengan total waktu sesi 480 menit tapi Rio hanya menghabiskan sekitar 80 menit saja untuk melahap 21 lap di hari pertama.

Rio Haryanto mengatakan, kecepatan mobil Super Formula mendekati Formula 1 dan Suzuka adalah sirkuit baru bagi dirinya. Perlahan-lahan, dirinya terus memperbaiki catatan waktu di atas ban medium.

SSayangnya, saya tidak mendapat kesempatan mencoba ban soft yang lebih kencang. Sebagai bagian dari eksperimen, setelan mobil sempat diubah hingga akhirnya saya mengalami oversteer di tikungan Dunlop dan sesi tes saya pun berakhir lebih awal," katanya.

Menurut dia, setelah sekitar satu setengah tahun tidak memacu mobil yang mampu melampaui kecepatan 300 km/jam, tes Super Formula ini sangat penting untuk evaluasi musim balap tahun depan.

"Sekali lagi, terima kasih kepada Honda yang telah memberikan kesempatan tes ini," katanya menegaskan.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017