Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan institusinya mengutus Wakil Ketua DPR Fadli Zon menghadiri pelantikan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang dijadwalkan di Istana Negara pada Jumat (8/12) sore.

"Kami menugaskan Pak Fadli Zon karena dia Wakil Ketua DPR bidang Politik Hukum dan Keamanan," kata Taufik Kurniawan di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan dirinya sebenarnya juga telah mendapatkan undangan dari Istana Negara untuk menghadiri pelantikan Marsekal Hadi namun tidak bisa hadir.

Taufik mengaku tidak bisa menghadiri pelantikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu menjadi Panglima TNI dikarenakan mengisi diskusi yang diadakan koordinatoriat wartawan parlemen di Kompleks Parlemen.

"Saya sudah dapat undangannya setengah jam yang lalu. Tapi tidak sempat karena menjadi narasumber dalam diskusi di DPR," pungkas politikus PAN itu.

Sebelumnya, Sidang Paripurna ke-13 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2017-2018 mengambil keputusan menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI, dan akan ditindak lanjuti dengan mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk dilantik.

"Menanyakan apakah laporan Komisi I DPR tentang hasil uji kelayakan calon Panglima TNI dapat disetujui," kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam Sidang Paripurna DPR, di Jakarta, Kamis.

Setelah itu seluruh anggota DPR yang hadir dalam Sidang Paripurna DPR menyatakan persetujuannya Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017