Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada Apel Kebangsaan Kader Bela Negara Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) di Lapangan Silang Monumen Nasional Jakarta, Sabtu.

Presiden tiba di Lapangan Silang Monas sekitar pukul 07.30 WIB, disambut Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo, Ketua Badan Bela Negara FKPPI Bambang Soesatyo dan pengurus FKPPI lainnya.

Beberapa pejabat tinggi negara, tokoh politik dan tokoh masyarakat hadir dalam apel itu.

Sebelumnya, perwakilan FKPPI menemui Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk meminta dia menjadi inspektur upacara Apel Kebangsaan di Monas Jakarta.

"Kami mengadakan semacam show of force, Apel Kebangsaan yang meminta Bapak Jokowi menjadi Irup dan Beliau menyatakan keasediaannya," kata Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo usai bertemu Presiden pada 21 November 2017.

Menurut dia, kehadiran Jokowi sangat penting untuk menyebarluaskan semangat kebangsaan. Apalagi, Pontjo merasa saat ini semangat kebangsaan dari masyarakat sedikit menurun.

Sementara itu Ketua Badan Bela Negara PP FKPPI Bambang Soesatyo menyatakan upacara tersebut dimaksudkan untuk menggelorakan persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus peringatan mengenai berbagai ancaman terhadap kehidupan bangsa.


Pewarta: Agus Salim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017