Sana`a (ANTARA News) - Sebanyak enam orang tewas dan puluhan orang lainnya dilaporkan cedera, ketika pesawat tempur sekutu pimpinan Arab Saudi secara terpisah menyerang dua pasar terkenal di Yaman pada Sabtu (9/12), kata warga dan petugas medis setempat.

Satu sasaran, Pasar Khalakah, terletak di Kabupaten Nehm, sekitar 30 kilometer di sebelah timur-laut Ibu Kota Yaman, Sana`a, yang dikuasai gerilyawan Syiah Al-Houthi. Di sana serangan udara menewaskan tiga orang, melukai puluhan orang yang sedang berbelanja dan membakar tiga mobil, kata seorang petugas medis di Kabupaten Nehm.

Petugas medis tersebut melalui telepon mengatakan kepada kantor berita Xinhua China bahwa lebih dari 20 orang menjadi korban. Warga mengatakan pasar itu sangat penuh pengunjung pada siang hari, ketika serangan udara dilancarkan.

Pasar lain yang diserang berada di Kabupaten Zabid di sebelah selatan Kota Pelabuhan Laut Merah, Hodeidah, tempat satu orang tewas dan lebih dari 15 orang lagi cedera, kata petugas medis di provinsi tersebut. Warga setempat juga melaporkan serangan udara dilancarkan pada siang hari.

Banyak toko hancur dalam serangan itu, demikian laporan petugas medis.

Pada Sabtu pagi, Kantor Berita Saba --yang dikuasai gerilyawan Al-Houthi-- dan warga melaporkan dua serangan udara lagi pada malam hari ditujukan ke markas stasiun televisi satelit negara Yaman di Sana`a, menewaskan empat wartawan dan melukai seorang penjaga di gerbang gedung stasiun televisi itu.

Warga mengatakan sebagian bangunan stasiun televisi tersebut hancur, dan itulah rangkaian serangan udara paling akhir oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi, yang memerangi gerilyawan Al-Houthi dalam perang selama lebih dari dua-setengah tahun di Yaman.

Pewarta: Administrator
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017